Cara Melatih Anak Agar Tidak Manja

Cara melatih anak agar tidak manja. Tidak ada anak yang terlahir manja sifat itu biasanya muncul akibat pola asuh orang tua yang terlalu berlebihan dalam mencurahkan kasih sayang kepada anaknya. Lalu bagaimana cara melatih anak agar tidak jadi manja yuk simak tips nya berikut ini

Orang tua tentu akan selalu merasa kesulitan dalam membujuk anak anaknya.terkadang saat mereka menginginkan sesuatu mereka tidak akan pernah menyerah sampai mereka mendapatkannya. Tak jarang anak anak yang selalu keinginannya tidak terpenuhi malah menangis dan merajuk saat permintaan nya tidak dikabulkan. Kalau sudah begitu orang tua pun tidak punya pilihan lain selain mengalah dan mengabulkan permintaan anak anaknya tersebut.

Sikap seperti ini akan selalu menuai protes dari orang tua orang tua lain yang anaknya tidak seperti itu. Pada saat balita mungkin saja belum terasa efeknya. Semakin bertambahnya usia si anak pasti akan semakin memusingkan kepala. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan oleh para orang tua.

Cara Melatih Anak Agar Tidak Manja
Cara Melatih Anak Agar Tidak Manja
Salah pola asuh

Menurut penelitian anak manja sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor selain keinginan nya terpenuhi ia juga kerap mendapatkan perlindungan dari kakek dan neneknya atau bisa jadi setiap tindakannya tidak pernah ada larangan. Selain perlindungan dari kakek dan nenek sewaktu kecil sang anak sudah terbiasa dengan pengasuh. Bisa dibilang anak seperti ini cenderung tidak boleh sedikitpun terluka apalagi kotor. Bisa bisa sang pengasuh kenak salahkan. Ini yang menyebabkan sang anak menjadi rentan dan tidak tahan banting, urusan sepele menjadi besar jika harus berurusan dengan anak manja seperti ini. Yang tadinya mungkin hanya tersenggol oleh temannya disekolah lalu menurut anak tersebut seperti layaknya dipukul. Ini menyebabkan doktrin pikiran si anak menjadi tertanam kuat dan terhadap sedikit hentakan akan menjadi sensitif. Inilah yang menyebabkan sang anak akan selalu mendapatkan banyak masalah sehingga memicu para orang tua dipusingkan oleh kelakuan si anak tersebut.

Ada beberapa ciri ciri orang tua yang memanjakan anaknya antara lain sebagai berikut :

1. Selalu memprioritaskan perhatian dan fasilitas untuk anak

Misalnya seperti ini orang tua sedang membicarakan sesuatu yang penting tiba tiba anak merengek karena menginginkan sesuatu. Lalu sang ayah atau ibu langsung berhenti berbicara untuk melayani keinginan anak tersebut.

2. Tidak ada aturan

Orang tua menerima semua kelakuan anak tanpa pengarahan dan batasan yang jelas. Saat anak anak mengacak acak sesuatu barang rumah ataupun mengganggu pekerjaan sang ayah atau ibu. Semuanya dibiarkan dan dibuat seperti angin lalu. Saat anak sudah selesai main ataupun aktifitas, kemudian seisi rumah orang tua ataupun pengasuh yang membereskannya.

3. Orang tua tidak mau mengatakan tidak karena tidak mau repot.

Daripada harus mendengar anak menangis ataupun berteriak lebih baik mengalah dan memilih untuk memenuhi apa yang anak tersebut minta.

Diatasi menjelaskan. Points tentang ciri ciri orang tua yang selalu memanjakan anaknya. Nah jika sifat manja cenderung negatif tidak demikian dengan sifat bermanja

Bermanjamanja yang dimaksud seperti ini misalnya orang tua anak meminta membacakan dongeng sebelum tidur atau meminta dipangku oleh ayah atau ibunya. Ini merupakan hal yang wajar dan ini bukan termasuk kedalam kategori manja. Ini justru bagus buat si anak dan orang tua dalam hal kedekatan emosional.

Bedakan sifat manja yang harus dituruti saat minta ini mainan ini dan itu. Bermanja manja ini sifat yang lumrah dari anak, saat umurnya bertambah ia akan hilang sendirinya karena rasa malu.

Anak anak yang manja biasanya memiliki karakter dan sifat sebagai berikut :

1. Egois dan keras kepala

Sifat dan karakter yang kental terhadap anak manja ini salah satunya egois dan keras kepala. Karakter ini melekat dan mendarah daging, ini umum terjadi karena faktor kebiasaan dari kecil yang terbawa sampai ia dewasa.

2. Sering merasa tertekan diarea publik

Anak yang manja kerap mendapatkan tekanan batin yang kuat saat mereka berada di area publik. Hal ini selalu terjadi hampir di setiap anak anak yang dimanjakan dari kecil. Beberapa faktor yang menyebabkan tekanan adalah sebagian besar anak manja aktifitas nya berada dirumah karena fasilitas yang tersedia dirumah sangat lengkap.waktu dirumah lebih banyak ketimbang saat ia berada diarea publik.

Dan seperti yang anda tahu. Dirumah mungkin saja ia mendapat perlindungan penuh dari orang tua kerabat dekat maupun orang orang disekitar nya, namun saat ia berada diluar belum tentu.

3. Kurang mempunyai ketrampilan hidup

Banyak hal yang tidak bisa ia lakukan. Bahkan hal hal kecil sekalipun harus dikerjakan dengan bantuan orang lain. Salah satunya mengikat tali sepatu, mencuci baju, setrika baju, sarapan dan seragam sekolah ,pr dan tugas rumah hampir semuanya dikerjakan oleh pengasuh atau orang orang khusus yang dibayar untuk menyelesaikan semua urusan anaknya.sedangkan dia tinggal terima beres, sudah jelas hidup seperti ini akan menghasilkan bakat bakat yang akan menghancurkan negara ini.tentu hal ini dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

4. Sulit bekerja sama dan mematuhi perintah

Karena sifat bawaan yang sudah tertanam oleh pola asuh dari orang tua si anak cenderung sulit diajak bekerja sama dan mematuhi perintah yang ada dikarenakan apa yang mereka inginkan harus dipenuhi karena jika tidak maka ia menolak untuk bekerja sama dan cenderung memilih keinginan nya itu.

5. Banyak mengeluh

Salah satu sifat dan karakter anak manja adalah banyak mengeluh, ini banyak terjadi saat ada beberapa kebutuhan yang kurang, ia tidak bisa mengerjakannya dikarenakan kreatifitas dirinya kurang. Apalagi ditambah sifat anak manja ini tidak bisa diberi banyak pekerjaan , ia pasti akan selalu mengeluh. Ia cenderung selalu menggunakan yang umum dilakukan oleh orang tuanya maupun kerabat dekatnya.

6. Kurang dapat menerima tantangan.

Sifat dan karakter anak manja sudah jelas ia tak akan pernah bisa melewatkan tantangan yang sedikit memacu adrenalin apalagi disuruh berpanas-panasan panasan dilapangan berjemur ataupun ikut olahraga yang sedikit ekstrim ataupun permainan yang berupa fisik. Mereka jelas tidak bisa menghadapi hal hal tersebut.
7. Tidak bisa mandiri

Jelas sifat dan karakter anak manja tidak akan pernah bisa mandiri semuanya harus dilakukan dengan bantuan orang lain. Ia sanggup bahkan membayar demi kepentingannya selesai.

8. Mudah frustasi.

Itu yang saya katakan tadi dirumah mungkin saja semua keinginan ia dapatkan , jika diluar belum tentu inilah pemicu segala keinginannya diluar publik area tidak akan tercapai. Ini yang akan membuat dia selalu mudah frustasi.

Oke sobat diatasi merupakan sifat dan karakter anak manja tentu jika ditinjau dari segi negatifnya sangat banyak sekali. Inilah yang tentu akan dihindari oleh para orang tua manapun , mereka tidak menginginkan anak-anak menjadi seperti itu,

Lalu bagaimanakah cara mengatasi agar hal hal tersebut tidak terjadi ? Inilah yang akan mulai kita bahas

Cara melatih anak agar tidak manja.

Ada beberapa tips yang anda coba untuk melatih anak anak anda agar tidak menjadi anak yang manja, atau bisa dibilang berikut merupakan cara untuk orang tua membuat anak anaknya tidak menjadi anak yang manja.

1. Buat batasan yang jelas mana yang boleh dan mana yang tidak

Untuk satu hal ini anda harus benar benar berbicara empat mata, mintalah kepada anak untuk mengecam segala batasan batasan yang anda buat. Bila perlu buat sebuah perjanjian hukuman bila ia melanggar batasan batasan tersebut.

2. Konsisten terhadap aturan yang sudah dibuat.

Saat anda membuat sebuah aturan, aturan ini mutlak tidak boleh dilanggar oleh anak, dan orang lain seperti kakek dan nenek nya tidak boleh turut campur tangan dalam hal ini karena segala aturan ayang dibuat benar benar tidak boleh dilanggar, dan jika dilanggar si anak harus tau konsekuensi yang harus ia tanggung dan ingat jangan pernah merasa kasihan terhadap konsistensi peraturan yang anda buat.

3. Jadilah contoh yang baik

Kita semua tau, untuk mengajari terlebih dahulu yang mengajari harus memberi contoh. Inilah yang kemudian akan pelan pelan si anak mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

4. Beri hukuman atas batasan yang anda buat.

Seperti yang sudah saya terangkan diatas tadi berilah hukuman atas pelanggaran yang dilakukan si anak terhadap komitmen anda. Jangan biarkan ia terus melanggar aturan aturan yang anda buat, atau anda bisa mengalihkan hukuman tersebut dengan yang lain seperti mencuci baju sendiri atau membersihkan rumah dan lain lain.

5. Beri reward atau penghargaan

Tips yang terakhir ini adalah yang paling penting anda ingat. Jadi saat si anak tidak melanggar aturan yang anda buat beri mereka hadiah. Bila perlu setiap prestasi yang ia buat berilah reward. Ini lebih baik ketimbang anda menuruti semua keinginannya.

Oke sobat diatasi merupakan point penting anda dapat merubah perilaku anak yang manja, dan ini dapat Anda terapkan saat ia masih kecil ataupun dewasa. Penting anda ingat. Jangan pernah takut untuk anak anda terluka dan menerima beban berat, semakin ia terbiasa dengan beban berat semakin ia menjadi orang yang dapat bertahan dari segala macam ancaman dan bentuk bentuk apapun yang dapat menjatuhkannya.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan mengenai cara melatih anak agar menjadi tidak manja semoga informasi ini dapat membantu anda dan dapat menjadi referensi buat anda :D sekian dan terima kasih :D

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Melatih Anak Agar Tidak Manja"

Posting Komentar