10 Aktifitas Permainan Kegiatan Keluarga Dirumah

Aktifitas kegiatan maupun permainan keluarga yang bisa anda coba dirumah atau pas sekali dicoba saat hujan.maupun masa masa liburan. Permainan keluarga saat hujan datang.maupun hari libur tiba merupakan hal yang sangat menyuntukan.jika Musim hujan telah tiba. Kalau terpaksa tidak bisa ke mana-mana Jangan sedih Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga di rumah apa saja pilihannya yuk simak.

Datangnya hujan ataupun musim liburan bisa membuat kita mati gaya Saya tidak tahu harus berbuat apa. Tapi dengan 10 pilihan Aktivitas ini hujan tidak akan menjadi problem dan malah akan membuat hubungan kita dengan anak-anak semakin akrab.

Aktifitas Permainan Kegiatan Keluarga Dirumah


Aktivitas keluarga yang bisa anda coba dirumah 

1. Memasak bareng.

Hawa dingin bisa membuat perut berkeruyuk . Di suasana seperti ini kegiatan yang paling cocok adalah memasak bersama. Coba Lihatlah persediaan makanan di kulkas. Apa yang bisa diolah bersama anak anak. Buatlah masakan yang mudah mudah saja. Contohnya sate. Sosis atau bakso. Lalu olesi dengan bumbu. Bumbunya bisa bumbu kecap bumbu sambal atau yang lainnya.

Sesudahnya masukkan potongan potongan itu dalam microwave. Anda juga bisa memanggangnya. Kemudian tusukan pada tusukan sate Setelah matang. Tambahkan paprika dan bawang bombay. Untuk minumannya Anda bisa membuat susu coklat hangat. Berikan pekerjaan yang mudah kepada anak. Seperti mengelap piring mengoleskan bumbu atau mengaduk susu. Sesudahnya anda semua dapat makan bersama sambil bertukar cerita.

2. Bermain berkelompok

Buatlah kelompok kelompok kecil di rumah. Pengelompokannya bisa berdasarkan jenis kelamin. Ibu dengan anak anak perempuan. Ayah dengan anak-anak laki laki . Orang tua vs anak, atau yang lainnya. Pilihlah beberapa permainan untuk dilakukan bersama. Untuk setiap permainan harus ada satu orang yang mewakili tiap kelompok.

Berikan point kepada pemenang lomba. Tim dengan poin terbanyak akan menjadi juara di akhir kompetisi. Hadiahnya macam-macam misalnya dibuatkan masakan istimewa, Jadi Raja selama 1 hari. Dibebaskan dari tugas-tugas di rumah. Dipijat atau hadiah lain sesuai kesepakatan bersama.

3. Menjadi dalang

Aktivitas ini mengajarkan anak untuk kreatif dan bisa mengembangkan imajinasi nya. Carilah sebuah kardus Buatlah seperti kotak TV. Jika tidak ada kardus manfaatkan meja yang disulap menjadi panggung boneka. Untuk tokoh-tokohnya gunakan boneka tangan orang-orangan kertas robot atau boneka hewan. Juga bisa menggunakan kaos kaki yang sudah diberi kancing sebagai mata.

Minta anak mengarang sebuah cerita dan meneruskannya kepada seluruh keluarga. Beri kebebasan kepadanya untuk bercerita apa saja. Mungkin anak akan bercerita tentang langit yang berwarna pink. Kucing yang bisa terbang atau bunga yang bisa berbicara. Tidak apa-apa biarkan imajinasinya melanglang buana. Jangan lupa memberikan tepuk tangan di akhir cerita. Pasti anak senang karena diberi kesempatan berkreasi dan juga dipuji.

4. Membuat acara TV sendiri

Acara TV yang ada saat ini sangat beragam. Pilihlah salah satu yang disukai keluarga dan buatlah versi anda sendiri di rumah. Contohnya X Factor Indonesian Idol atau yang lainnya. Berapa anggota keluarga bisa menjadi peserta dan sisanya menjadi juri. Acara lain yang dapat ditiru adalah World Record di mana peserta berusaha memecahkan rekor dengan melakukan hal-hal unik yang jadi keahliannya.

Tapi khusus untuk lomba versi anda sendiri inilah hal-hal yang mudah saja seperti makan pisang paling banyak dalam waktu 1 menit. Jangan Pilih yang membahayakan. Anda bisa melihat sendiri kekreatifan atau kegilaan keluarga anda. Sama seperti di lomba sebelumnya di lomba ini pemenangnya pun akan mendapatkan hadiah. Jangan lupa merekam seluruh lomba supaya dapat ditonton bersama di lain waktu.

5. Berkemah dirumah

Dirikanlah tenda tanpa pasak di dalam rumah tenda dome. Apabila tak punya Buatlah tenda sederhana. Atur dua buah sofa saling berhadapan. Lalu rentangkan kain atau Safari di atas keduanya sebagai atap tenda. Ikan ujung-ujungnya dengan tali pada kaki sofa. Apabila memungkinkan Buatlah beberapa tenda dengan cara yang sama. Di setiap tenda siapkan permainan atau aktivitas yang berbeda. Anda bisa membaca buku cerita bersama-sama anak di tenda utama. Bermain puzzle di tenda kedua atau mewarnai gambar di tenda berikutnya.

6. Mencari harta karun

Bagaikan Kapten Jack Sparrow di film Pirates of the Caribbean inilah saatnya anda dengan keluarga berburu harta karun. Tentukan suatu benda berharga yang akan dicari bersama-sama lalu sembunyikan. Buatlah peta yang akan memandu anak mencari benda tersebut. Tapi sebelumnya sekarang lah sebuah cerita tentang petualangan bajak laut mencari harta karun.

Akan lebih baik Kalau anda semua juga berdandan bagai bajak laut. Tidak sulit kok hanya dengan memakai bandana anda sudah terlihat seperti bajak laut. Dalam petualangan yang menemukan harta karun, anak akan menemui beberapa rintangan. Misalnya menjawab pertanyaan tebak-tebakan atau lomba minum susu.

7. Bermain bayangan

Sesekali coba matikan lampu di dalam rumah. Lalu Nyalakan senter atau sebatang lilin. diantara senter atau lilin Anda dinding gerak gerakan tangan Anda sehingga muncul bayangan dengan bentuk tertentu di dinding. Minta anak menebak bentuk tersebut. Berikutnya giliran anak yang membuat bentuk bayangannya sendiri. Kegiatan ini bisa disenangi berbagai cerita lucu atau cerita misteri.

8. Mendaur ulang barang bekas

Lihatlah barang-barang yang ada di rumah anda. Adakah yang bisa diubah menjadi barang baru dengan fungsi yang berbeda ? Jika ada aja anak melakukan yang bersama anda dan suami . Sebagai contoh kalimat susu bisa dicat dan dijadikan tempat meletakkan pensil spidol pulpen penggaris dan sebagainya. Anda juga bisa membuat lukisan dari bubur kertas koran menjahit bandana baru dari pakaian bekas. Atau menghias boneka dengan kancing-kancing sisa.

9. Menata ulang foto

Ambillah album-album foto lama keluarga. Bersama anak tambahkan gambar gambar atau ilustrasi di samping foto-foto tersebut. Gambar atau ilustrasi nya bisa diambil dari Koran majalah atau buku yang sudah tidak digunakan. Anda juga dapat merangkai potongan-potongan kata dikurang sehingga membentuk ungkapan yang pas dengan foto. Misalnya ada foto anak sedang bergaya tambahkan kalimat Siapa bos kecil ini ? Dengan demikian album foto anda lebih berwarna dan bercerita. Halo juga bisa membuat sendiri pigura foto dari karton. tampilkan foto di tengah-tengah karton dan hias bagian Sisinya dengan korek api atau kancing atau gagang es krim.

10. Belajar origami

Seni melipat kertas ini sangat menyenangkan lho. Anda bisa membuat beragam bentuk orang bunga hewan atau benda lain .Buatlah origami dalam jumlah banyak apabila membuat burung-burungan. gabungkan semuanya dengan seutas benang sehingga menjuntai ketika digantung tempelkan Itu di dinding jendela atau pintu kamar tidur.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Aktifitas Permainan Kegiatan Keluarga Dirumah"

Posting Komentar