Cara Cepat Mendapatkan Bantuan Darah

Cara cepat tepat sigap singkat mudah mendapatkan bantuan darah secara cepat gratis tanpa memerlukan biaya. Musibah bisa menimpa siapa saja jika menghadapi kondisi darurat Di mana nyawa jadi taruhannya kepada siapa Anda berpaling ? Saat rumah sakit kehabisan stok darah ataupun sulit sekali mendapatkan golongan darah yang sama atau sejenis maka tips yang saya bagikan ini semoga membantu anda.


1. KOMUNITAS AB_DKI

Komunitas AB_DKI merupakan kumpulan Para pemilik golongan darah AB di Jakarta. Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang membedakan golongan darah ini dari golongan darah lainnya sehingga diperlukan sebuah perkumpulan khusus. Ternyata golongan darah ini termasuk langka. Tidak ada banyak orang yang memiliki golongan darah AB di dunia termasuk di Jakarta.

Dibuatnya Apabila terjadi kasus dimana terdapat orang yang membutuhkan darah golongan AB. Upaya yang harus ditempuh untuk mendapatkan darah ini tidaklah mudah. Di PMI sendiri jumlah persediaan darah AB sangatlah terbatas. Peta ini mengunggah hati nurani ariman k Usman seorang relawan Forum Komunikasi Dermawan darah 100 kali fokuswanda.

Menara golongan AB cukup langka dan sulit ditemukan. Kalaupun ada Tidak semua orang bersedia memberikannya.

Sebenarnya komunitas pemilik golongan darah AB sudah ada tetapi lokasinya di Jogjakarta. Arema sendiri adalah anggota komunitas ini, namun berdomisili di Jakarta. Yuk Arab menerima telepon dari orang-orang di Ibukota yang butuh bantuan darah AB.

Akhirnya ariman memberanikan diri membentuk komunitas AB DKI. Untuk mengakomodasi kebutuhan kebutuhan tersebut. Komunitas ABK DKI didirikan pada tanggal 24 Oktober 2009. Hingga saat ini komunitas Abi DKI memiliki anggota sebanyak belum diketahui pasti yang semuanya bergolongan darah AB. Hariman mengatakan selain Membantu memenuhi kebutuhan sesama anggota. Komunitas ini juga bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat umum.

Kami berusaha menyediakan darah golongan AB yang bersih dan berkualitas. Untuk menjadi anggota komunitas AB DKI, tidak ada batasan umur, strata keras atau keyakinan yang dikenakan. Siapa saja bisa bergabung yang penting memiliki golongan darah AB dan dinyatakan sehat oleh pihak rumah sakit. Lalu Bagaimana jika kita membutuhkan bantuan donor darah AB?. Kalian bisa menelpon ke komunitas AB DKI. Mereka akan melakukan pemeriksaan tentang seberapa banyak darah yang dibutuhkan.

Komunitas AB DKI tidak memungut biaya apa-apa untuk layanan ini. Satu-satunya biaya yang ada adalah biaya pengganti pengolahan darah yang ditetapkan PMI bersama RS. Itulah sebabnya kita juga wajib Membawa surat pengantar dari RS. Dengan demikian bantuan darah bisa dipastikan benar-benar tersalurkan kepada orang yang membutuhkan.

Kontak komunitas AB_DKI

Ariman k. Usman
Jalan Rawa Maja No. 35
Cipete, Jakarta 12410
Telepon : 0819 1989 925 / 0817 85 9599
Email : komunitasab_dki@yahoo.com
Facebook : KomunitasAB_DKI Jakarta

2. BLOOD FOR LIFE
Sama seperti komunitas AB DKI blood for life BFL didirikan atas dasar rasa keprihatinan terhadap kondisi pendonoran darah di Indonesia. Bedanya BFL tidak berfokus pada satu golongan darah saja.

Sang pendiri Valencia Mieke Randa. Pernah menyaksikan sendiri kebingungan yang dialami kerabat seorang pasien yang membutuhkan darah. Singkat cerita pasien tersebut tidak terselamatkan. Melihat kejadian itu hati kecil mieke terketuk. Ia menyadari betapa berartinya sekantong darah untuk orang yang sedang membutuhkan.

Saya yakin di luar sana ada banyak orang yang ingin menyalurkan darahnya kepada orang lain. Tetapi tidak tahu kemana harus Menyalurkan dengan tepat. Selain itu ada banyak sekali orang yang setiap saat membutuhkan darah namun seringkali terbentur masalah biaya ataupun birokrasi yang berbelit belit.

BFL lahir pada April 2009 untuk menjembatani kebutuhan itu. Bermula dari kegemarannya menulis blog. Mieke mengajak teman-temannya di dunia maya. Awalnya ia membentuk sebuah milis. Melalui milis itu anggota BFL yang tersebar di seluruh Indonesia berbagi informasi tentang orang-orang yang membutuhkan bantuan darah.

Kontak lengkap memohon bantuan selalu disertakan. Namun sebelum menyebarkan informasi Mieke dan teman-teman BFL menghubungi dulu nomor kontak pemohon untuk melakukan konfirmasi atau pemeriksaan. Harapannya dengan cara itu BFL bisa menjadi sebuah gerakan yang terpercaya dan dapat membantu orang dengan tepat dan cepat. Biasanya anggota yang berada di area yang sama dengan orang yang membutuhkan darah dan memiliki golongan darah yang sama akan membalas memilih dan menyatakan kesanggupannya membantu.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya respons positif terhadap BFL.mieke pun kemudian membuat sebuah blog khusus dan akun Twitter sebagai wadah bagi teman-teman komunitas BFL. Dengan begitu ada banyak orang yang tahu dan bersedia menjadi pendonor. Kini setelah 2 tahun menjalankan kegiatan yang murni gratis BFL telah membantu banyak orang yang menjadi rekanan banyak RS bahkan PMI. Namun Mieke menegaskan. BFL Bukankah kompetitor PMI.

Peran bevel adalah mendukung dan membantu PMI bukan sebagai saingan. BFL juga melebarkan sayapnya agar lebih dikenal masyarakat dengan cara mengadakan berbagai kegiatan sosial
Juga melebarkan sayapnya agar lebih dikenal masyarakat dengan cara mengadakan berbagai kegiatan sosial

Kontak BLOOD FOR LIFE

Blog : http://Bloodforlife.wordpress.com
Milis : http://groups.google.com/group/blood-for-life
Twitter : Blood4lifeID

3. PMI DKI Jakarta

inilah tempat penyedia darah utama di ibukota. Setiap hari PMI DKI Jakarta didatangi ratusan pemohon bantuan. Menurut Dr.Salimar Salim, Mars ketua unit transfusi darah di PMI DKI Jakarta, Mereka menerima pemohon akan darah sebanyak kurang lebih 1000 kantong per hari. Ada yang diperuntukkan bagi ibu melahirkan orang sakit atau orang yang mengalami kecelakaan. Semua jenis golongan darah tersedia di PMI DKI Jakarta yaitu A, Ab,B, dan O.

Yang tersedia paling banyak adalah golongan darah O. Yang paling sedikit tersedia adalah darah AB, padahal permintaan terbanyak justru berasal dari golongan darah ini.

PMI DKI Jakarta memiliki pendonor rutin yang menyumbangkan darah setiap 3 bulan sekali. Dari donor ini mereka bisa menerima pasokan darah antara 200-300 kantong setiap hari. Selain dari donor PMI DKI Jakarta juga aktif mencari bantuan darah dari warga.

Contohnya saja sebelum bulan puasa lalu. PMI DKI menyebar 2 sampai 14 unit mobil ke berbagai tempat, seperti perkantoran bank karang taruna tempat ibadah dan masih banyak lagi. Sekitar 600 sampai 800 kantong sumbangan darah bisa diperoleh.

Siapa saja bisa mendonorkan darah Tapi tentu sebelumnya ia harus melalui pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian darah yang disumbangkan terjamin aman dan bebas dari penyakit.

Berbeda dari komunitas AB DKI dan blood4life, pemohon bantuan harus membayar sejumlah biaya jika meminta darah dari PMI DKI Jakarta. Biaya itu untuk penggantian pengelolaan darah.

Sejak darah diambil dari donor sampai ditransfusikan kepada orang yang membutuhkan, ada proses proses yang harus dilalui dan biaya cukup terbilang mahal. Kami memeriksa darah itu untuk mengetahui apakah terdapat penyakit hepatitis B, Hepatitis C, HIV/AIDS, dan sifilis.

Biaya yang ditetapkan sebesar Rp130 ribu rupiah untuk permohonan yang datang dari RS pemerintah dan Rp250.000 untuk RS swasta. Bagi yang membutuhkan silakan hubungi PMI DKI yang buka setiap hari. 24 jam nonstop. Jangan lupa membawa surat keterangan dari rumah sakit.

Kontak PMI DKI Jakarta

Palang Merah Indonesia DKI Jakarta
Jln. Kramat Raya no.47
Jakarta Pusat 10450
Tlp : (021) 3906 666
Faks : (021) 3101 107
Situs : www.pmi-jakarta.org
Email: dki@pmi-jakarta.org

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Cepat Mendapatkan Bantuan Darah"

Posting Komentar