Cara Melakukan Facial Sendiri Dirumah

Cara melakukan perawatan facial sendiri dirumah. Perawatan facial untuk kulit wajah yang berjerawat ataupun sekedar membuat kulit putih semuanya bisa anda lakukan sendiri dirumah.Wajah cerah dengan facial? Ingin punya wajah cerah dan segar ? Cobalah facial. Bisa dilakukan sendiri dirumah dan bisa memberikan hasil yang maksimal jika dilakukan secara teratur.

Setiap wanita pasti ingin memiliki wajah yang mulus , cerah, dan segar. Berbagai cara dapat dilakukan dan salah satu perawatan yang paling populer dilakukan adalah facial.perawatan ini diyakini dapat membuat kulit wajah menjadi bersih dan bebas komedo. Teknik yang dilakukan pada fashion memiliki khasiat yang bermanfaat bagi wajah. Terutama untuk menunjang penampilan. Agar hasilnya maksimal, facial harus dilakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali atau Sebulan sekali.


Cara Melakukan Facial Sendiri Dirumah


Membersihkan kotoran

Dengan aktivitas sehari-hari kulit wajah sangat rentan terpapar polisi dan Racun dari udara sekitar. Zat kimia yang terkandung dalam produk kosmetik juga dapat membuat kulit wajah kotor dan kusam. Membersihkan wajah dengan cara biasa seperti yang kita lakukan sehari-hari tak akan bisa mengangkat kotoran yang terlanjur mengendap. Dengan facial kotoran wajah akan terangkat dan bisa membuat kulit kembali bersih dan segar.

Menganalisa masalah kulit
Jika anda melakukan facial di salon kecantikan sebelum proses pembersihan wajah biasanya para beautycian akan menganalisa kondisi kulit wajah anda terlebih dahulu. Iya akan menyebutkan apa yang menjadi masalah kulit dengan detil. Dengan demikian kita bisa menentukan produk perawatan apa yang tepat untuk kondisi wajah kulit wajah kita.

Pengelupasan sel kulit mati

Pengelupasan exfoliating adalah salah satu proses saat melakukan facial. Proses ini bertujuan untuk membuang sel-sel kulit mati sehingga dapat Terganti dengan sel kulit baru yang lebih sehat kulit anda tidak lagi kusam.

Memberikan nutrisi.

Saat facial pori-pori kulit akan terbuka. Saat itulah krim perawatan yang mengandung nutrisi bermanfaat bagi kulit akan dioleskan. Cara ini juga lebih memudahkan nutrisi yang dikandung pada krim wajah mudah terserap.

Kulit menjadi rileks.

Saat melakukan facial kulit wajah akan diberi pijatan pijatan lembut. Hal ini untuk membuat otot-otot di wajah yang tegang jadi mengendur. Dengan demikian kulit menjadi lebih rileks dan segar.

Bisa dilakukan dirumah

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu ke salon atau Ingin Lebih efisien, facial juga bisa dilakukan dirumah. Prosesnya juga sangat mudah. Waktu yang diperlukan sekitar 30 menit sampai satu jam. Anda bisa melakukannya saat hari libur atau saat pulang dari beraktifitas. Untuk melakukan facial di rumah sebaiknya Anda mengetahui gerakan memijat wajah yang benar.

Gerakan memijat dilakukan pada setiap tahap facial. Itulah mengapa kita harus mengetahui gerakan memijat yang benar. Gerakan yang benar adalah gerakan melingkar menggunakan dua atau tiga jari kedua tangan. (Telunjuk jari manis jari tengah). Dengan memberikan sedikit tekanan ketika Arah gerakan menuju bagian atas wajah ( melawan arah gravitasi) dan kearah keluar. Jangan memijat dengan keras ketika gerakan putaran tangan kebawah karena bisa membuat kulit wajah turun.

Ikuti panduan dasar memijat wajah berikut ini :

1. Arahkan Dua Jari dari ujung dagu ke atas sampai berakhir di bawah telinga.
2. Lalu dari kedua ujung bibir berakhir di atas telinga.
3. Lalu dari kedua ujung cuping hidung berakhir di pelipis (samping mata)
4. Lalu atas hidung atau Tengah dahi ke ujung samping dahi.
5. Untuk Ayah Idung gunakan gerakan dengan arah naik turun. Hindari daerah sekeliling mata.
6. Gerakan memijat selalu mengarah ke atas dan ke luar.

Langkah-langkah melakukan facial

Siapkan peralatan facial. Alat yang diperlukan mudah didapat dan sering anda gunakan sehari-hari seperti: susu, pembersih wajah, penyegar, facial scrub, masker, minyak zaitun, kapas kosmetik, handuk kecil, baskom kecil (untuk diisi air hangat pada awal dan air dingin pada akhir proses facial) bandana atau shower cap ( penutup kepala dari plastik untuk mandi).

Tahapan-tahapan facial yang harus dilakukan.

Bersihkan wajah

Oleskan secukupnya susu pembersih ke leher dan wajah dimulai dari dagu hingga dahi. Melakukan gerakan memijat kira-kira 2 sampai 3 menit. Lalu bersihkan dengan kapas kosmetik. Lalu ucapkan penyegar dengan sedikit tepukan ringan pada kulit wajah. Penyegar berfungsi mengembalikan kelembaban kulit wajah.

Scrubbing

Oleskan scrub wajah pada titik-titik Dagu, pipi kanan kiri, hidung dan dahi. Lakukan gerakan memijat lebih lama pada daerah wajah yang berminyak, kusam atau terdapat bekas jerawat, seperti daerah T(hidung dan atas alis). Lakukan scrubbing kira kira 5 sampai 10 menit. Bila terlalu lama bisa menyebabkan kulit perih karena iritasi.

Hindari daerah mata dan kulit wajah berjerawat yang sedang meradang karena bisa menambah para peradangan. Bersihkan sekrup dengan mencuci bersih muka menggunakan air hangat atau handuk kecil yang sudah dibasahi air hangat. Bersihkan scrub dengan mencuci bersih muka menggunakan air hangat atau handuk kecil yang sudah dibasahi air hangat.

Penguapan (steam)

Isi baskom dengan air hangat. Celupkan handuk kecil, lalu tekan tekan ke wajah dua sampai tiga kali. Penguapan akan membuat pori-pori wajah terbuka sehingga komedo bisa lebih mudah diangkat.

Masker

Sebelum memakai masker lakukan pemijatan ringan dengan menggunakan minyak zaitun. Pemijatan bisa membuat kulit lebih lentur lebih rileks. Kulit pun menjadi lebih efektif menyerap nutrisi dari masker. Oleskan masker dari dagu sampai ke dahi. Diamkan selama 10 sampai 15 menit sampai masker terasa kaku.

Bersihkan dengan air hangat atau handuk yang sudah Dicelup air hangat. Setelah wajah bersih tutup wajah dengan handuk yang Dicelup air dingin.

Pelembab ( moisturizer)

Setelah wajah bersih oleskan pelembab wajah untuk menjaga kulit agar sehat dan kenyal.

Yang perlu diperhatikan saat facial.

Facial tidak untuk semua kondisi kulit hanya orang berkulit normal yang bisa melakukan facial rutin. Sedangkan yang memiliki masalah kulit seperti berjerawat sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kulit sebelum melakukan facial.

1. Usia dibawah 30 tahun cukup melakukan facial Sebulan sekali karena pergantian kulit akan terjadi secara normal dalam jangka waktu 21 sampai 28 hari. Tapi untuk kulit wajah orang dengan usia diatas 30 tahun bisa dilakukan sebulan dua kali. Karena tumpukan sel mati lebih tebal dan kerja hormon pertumbuhan juga berkurang.

2. Jangan lakukan pencungkilan komedo apalagi jerawat secara sembarangan karena bisa membuat kondisi wajah lebih parah. Bila ingin mengeluarkan jerawat dengan menggunakan tangan, gunakan ujung jari yang bersih dan sudah dicuci alkohol jangan menggunakan kuku.

3. Saat melakukan facial perhatikan tangan anda dalam keadaan bersih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Melakukan Facial Sendiri Dirumah"

Posting Komentar