Cara Merawat Menanam Tanaman Tillandsia

Cara merawat dan menanam tanaman tillandsia. Tillandsia simungil imut nan cantik. Tillandsia disebut-sebut sebagai tanaman hias yang bersih. Karena tak perlu menggunakan tanah untuk menanam nya. Bentuknya yang kecil dan cantik bisa digunakan untuk hiasan meja tamu anda.lalu bagaimanakah cara mengkreasikan tillandsia mari simak ulasannya berikut ini

Tanaman hias mungil dan cantik ini dikenal dengan nama latin tillandsia ionantha. Yaitu tanaman hias yang tak perlu menggunakan media tanam seperti tanah, gabus dan kayu untuk menanamnya. Dilansir berkembangbiak menggunakan udara dengan cara memakan nutrisi. Tiga tahun lalu tillandsia sudah dikenal di Indonesia. Nama tanaman ini sempat duduk karena sepi peminat.

Cara Merawat Menanam Tanaman Tillandsia

Bagi para pecinta tanaman hias tillandsia biasanya dikreasikan terlebih dahulu sebelum dipajang. Misalnya tanaman ini ditempel di potongan kayu sepanjang 30 cm. Setelah itu barulah diletakkan di dalam rumah. Ada pula kreasi lain misalnya dengan menempelkan puluhan tillandsia pada media Pakis lalu ditempel di dinding rumah.

Alhasil rumah pun terasa rimbun.

Menurut beberapa pakar tanaman dari Wijaya Garden, tanaman hias di lansia bisa kembali menjadi tren tanaman hias pada tahun ini. Kreasi yang diminati adalah tillandsia Mini, yakni kreasi dimana tanaman dimasukkan ke toples atau gelas mungil. Setelah ini barulah ditaruh di meja kerja atau meja tamu hasilnya sangat cantik.

Sama seperti tanaman lainnya. Tillandsia memiliki akar di bawah batang. Bedanya akan ini bukanlah untuk menyerap air dan makanan. Akar pada tanaman tillandsia berfungsi untuk mencengkeram. Agar batang tanaman tidak jatuh. Tengok saja ketika tillandsia berada di kayu. Tanaman ini tetap menempel kuat. Begitu pula saat di taruh di atas batu karang. Akarnya akan menempel kuat di batu tersebut.

Di batang daun tillandsia terdapat trikoma. Yakni rambut halus yang melapisi daun. Ketika tanaman ini lapar secara otomatis trikoma terbuka dan menarik nutrisi-nutrisi yang terdapat di udara. Bila sudah selesai rambut-rambut halus itu akan menutup kembali. Biasanya setelah makan dari udara warna tanaman ini agak sedikit keperak-perakan. Sangat bagus sekali.

Cara merawat tanaman tillandsia.

Tanaman tillandsia tergolong tanaman tangguh dan mudah perawatannya. Tak heran bila tanaman ini disukai oleh orang-orang yang baru belajar menanam tanaman hias. Keahlian khusus dalam merawatnya. Selain itu harganya pun tak terlalu mahal hanya Rp35.000 sampai Rp50.000 per tanaman.

Tillandsia mempunyai ciri-ciri seperti daun tanaman memanjang dan meruncing pada bagian ujung. Memiliki bunga berwarna jingga dan muncul di sela-sela daun serta bunga. Muncul setahun sekali. Walau sudah bertahun-tahun mengenal tanaman ini kita juga tidak pernah tahu jadwal musim bunga tanaman tillandsia. Bunganya muncul kapan saja dan tak mengenal musim yang pasti setahun sekali.

Untuk merawat tillandsia cukup lakukan langkah-langkah dibawah ini
  • Siram tanaman menggunakan spray alat semprotan air. Tak usah banyak-banyak cukup tiga kali semprot untuk 2 hari. Bila kebanyakan air tanaman ini akan cepat membusuk dan mati. 
  • Bila muncul Tunas baru dan mulai membesar segera pisahkan dengan cara memotong. Setelah selesai Tunas baru langsung disimpan di wadah dan taruh ditempat yang sejuk. Setelah 3 hari Tunas itu bisa digunakan. 
  • Bersihkan tanaman setiap hari dari kotoran. Berhubung daun tanaman ini diselimuti oleh rambut-rambut halus, tanaman ini akan mudah sekali kotor dari debu yang terbawa oleh udara. 
Cara mengkreasikan tillandsia

Anda berminat menaruh tillandsia sebagai tanaman hias di meja rumah? Ikuti tahap-tahap di bawah ini :

1. Siapkan wadah gelas bening yang kecil lalu bersihkan.
2. Masukkan batu hias berupa batu kerikil kecil yang kerap dijual di toko tanaman.
3. Tempelkan tillandsia diatas batu hias tersebut menggunakan lem serbaguna.
4. Sebagai pengganti batu Anda bisa menggunakan batu karang hias berukuran kecil. Dewa caranya sama tempelkan tillandsia di atas batu karang tersebut lalu masukkan ke gelas kaca Selamat mencoba.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Merawat Menanam Tanaman Tillandsia"

Posting Komentar