Ciri Ciri Tahu Mengandung Bahan Berbahaya

Ciri ciri tahu mengandung bahan berbahaya formalin dan pewarna pakaian. Produksi tahu tak jauh dari formalin mengubah warna tekstil. Hal ini dilakukan oknum produsen tahu agar tahu memiliknya tidak mudah hancur dan warnanya terlihat cerah. Apakah anda penyuka makanan tahu? Makanan ini memang nikmat disajikan hangat hangat. Mau digoreng semur atau dicampur dengan lauk lainnya, tahu tetap menjadi makanan favorit di tengah masyarakat.

Tak heran bila produksi tahu terus meningkat setiap harinya. Hampir dipastikan disetiap Kabupaten terdapat ratusan produsen tahu yang notabenenya adalah industri rumahan. Menjamurnya produsen tahu membuat persaingan bisnis di antara mereka pun semakin ketat. Seperti yang kita ketahui beberapa oknum produsen mencampur pewarna pakaian atau pewarna tekstil saat memproduksi tahu kuning.

Ciri Ciri Tahu Mengandung Bahan Berbahaya

Hal ini diketahui setelah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Disperindag. Merazia ribuan tahu kuning mengandung pewarna pakaian di beberapa pedagang di pasar tradisional.

Dari hasil razia tersebut ternyata pewarna pakaian sudah lumrah digunakan sebagian produsen tahu. Malah ada yang sudah menggunakannya selama bertahun-tahun. Menurut menurut penuturan para pembuat tahu Fungsi formalin tersebut yaitu untuk membuat padat adonan. Itulah sebabnya mereka memilih memakai pewarna tekstil. Selain mudah dan murah warnanya pun stabil dan lebih cerah.

Kendati demikian ada beberapa produsen tahu yang tidak pernah mencampur pewarna tekstil dan formalin pada tahu buatannya. Mereka benar-benar menjaga kualitas tahu, produsen tahu seperti ini sangat jarang sekali ditemui. Tahu merupakan makanan yang sangat sensitif. Bila ada kecurangan saat pembuatan, hal itu pasti akan ketahuan dari bau dan rasanya.

Saat kacang kedelai dicuci dengan kurang bersih tahu tersebut pasti akan menjadi sedikit asam. Bau tahu yang dicampur formalin dan pewarna pakaian sangat menyengat. Inilah yang membuat Para produsen tahu juga menjadi sangat hati-hati bila menghadapi pembeli yang benar-benar jeli melihatnya.

Lalu Bagaimanakah cara kita untuk lebih jeli melihat mana tahu yang memakai zat berbahaya dan mana yang tidak. Bila and sepertinya terdapat kejanggalan dan ada bahan berbahaya sebaiknya tahu itu jangan dibeli. Berikut paparan ciri-ciri tahu berbahaya mengandung zat kimia formalin dan pewarna pakaian berbahaya lainnya.

Ciri-ciri tahu berbahaya

1. Baunya agak asam.
Bau tahu yang menggunakan formalin dan pewarna pakaian agar asam karena pengaruh zat kimia.

2. Warnanya cerah.

Pewarna pakaian mengandung metanil Yellow, yaitu zat kimia yang menghasilkan warna kuning.

3. Tahu tak mudah pecah.

Tahu yang menggunakan formalin lebih keras dan tidak mudah hancur. Tahu tanpa formalin akan mudah hancur karena bahan dasar tahu merupakan buih-buih kacang kedelai.

4. Tidak dihinggapi lalat

Tahu yang menggunakan formalin dan pewarna pakaian tidak akan dihinggapi lalat. Bahan kimianya membuat lalat menjauh.

Diatas merupakan ciri-ciri tahu yang mengandung bahan berbahaya seperti formalin , pewarna pakaian tekstil atau zat kimia lainnya. Namun Tahukah Anda bahaya formalin bagi tubuh?

Bahaya formalin bagi tubuh
  1. Bila formalin tertelan muka, mulut , dan tenggorokan serta perut akan terasa terbakar. 
  2. Sakit menelan, mual, dan sakit kepala 
  3. Tekanan darah rendah. 
  4. Kejang hingga tak sadarkan diri. 
  5. Gangguan hati, jantung, otak, limpa pankreas, sistem saraf dan ginjal. 
Atas merupakan bahaya formalin bagi tubuh kita jika kita tempat mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung formalin tersebut. Selain bahaya formalin ada juga bahaya pewarna makanan bagi tubuh. Banyak sekali dampak bahaya pewarna makanan yang merusak organ-organ tubuh berikut paparan

bahaya pewarna makanan bagi tubuh.

Jangka pendek
  • Sakit kepala 
  • Tidak bertenaga 
  • Tidak dapat berkonsentrasi 
  • Perubahan perilaku gampang marah selalu kesal. 
  • Daya tahan tubuh menurun 
  • Mata berair 
  • Mual 
  • Sakit perut 
Jangka panjang
  • Memicu kanker 
  • Penyakit jantung 
  • Gangguan otak 
  • Gangguan hati dan ginjal 
  • Kerusakan pankreas 
  • Gangguan sistem saraf pusat 
Nah itulah beberapa poin tentang bahaya zat kimia yang ditimbulkan dari tahu yang mengandung zat berbahaya. Jika anda tidak ingin tubuh anda mengalami kerusakan sebaiknya mulai sekarang anda cermat memilih tahu.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan , semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda, terima kasih :D

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri Ciri Tahu Mengandung Bahan Berbahaya"

Posting Komentar