Penjelasan Benjolan Dikaki Ganglion Tumor Jinak

Penjelasan mengenai benjolan yang timbul di kaki ganglion tumor jinak. Beberapa waktu lalu saya mendapatkan kabar aneh dari salah satu saudara saya tepatnya.ia berusia 2 tahun 7 bulan. Tinggi badannya sekitar 87 cm dan berat badannya 12 kg. belum lama ini di kaki saudara saya tersebut tumbuh atau timbul benjolan keras seperti biji kelereng.

Menurut penuturan dari orang tuanya. Ia telah memeriksakan penyakit tersebut ke dokter. Dan ternyata menurut diagnosa dokter dokter anak tersebut mengalami ganglion ( tumor jinak ) . Dokter tersebut juga mengatakan ganglion ini dibiarkan saja selama tidak mengganggu anak. Selama ganglion ini tidak mengganggu , sebenarnya tidak apa apa. Karena ganglion ini sendiri merupakan salah satu type tumor jinak.

Benjolan di kaki ganglion tumor jinak

Lalu bagaimanakah jika kita mengambil tindakan dengan cara dioperasi ? Tentu saja hal ini sangat membingungkan bagi para orang tua khususnya. Menurut dokter tersebut ia baru boleh dioperasi atau dibedah kalau ia sedikit tumbuh lebih besar. Atau kalau umurnya sudah agak bertambah sedikit. Sebenarnya ganglion ini sendiri dapat membesar dan menimbulkan rasa sakit. Jika aktivitas yang kita lakukan semakin aktif. Apakah memang harus seperti itu ?

Jika dibiarkan apakah nanti ganglionnya akan semakin parah ? Lalu jika diperlukan tindakan bedah bagaimanakah prosedurnya ? Lalu jika ganglion terjadi pada anak.. umumnya umur berapa baru boleh dioperasi ? , Lalu jika ganglion sudah dibedah ? Apakah ganglion itu akan muncul dan timbul kambuh lagi ? Dari pertanyaan pertanyaan diatas untuk mengetahui penjelasannya mari simak ulasannya berikut ini.

Ganglion merupakan salah satu tumor jinak yang cukup sering dijumpai , terutama pada perempuan. Penjelasan yang didapatkan dari dokter tersebut sangat benar sekali. Selama ganglion ini tidak mengganggu , sebenarnya ganglion tersebut tidak perlu diapa apakan. 

Menurut dari data kepustakaan bahwa sekitar 30 - 50 persen ganglion dapat menghilang dengan sendirinya. Namun memang jika ganglion lebih mudah membesar bila terletak pada persendian yang sering aktif dan bergerak .

Tata laksana ganglion ada tiga macam ,
  • yaitu pertama imobilisasi karena ganglion membesar akibat pergerakan , persendian dimana ganglion berada dipasangi semacam gips untuk mengistirahatkan sendi dengan harapan ganglion mengecil dan keluhan nyeri berkurang .
  • Kedua, aspirasi ( penarikan ) cairan yang ada dalam ganglion. Ganglion pada dasarnya adalah sebuah kista . Sekitar 60 persen ganglion akan timbul kembali karena kantong cairan tetap tinggal ditempat.
  • Ketiga , pengangkatan ganglion dengan tindakan bedah. Tindakan bedah untuk pengangkatan ganglion relatif sederhana. Tidak ada batas usia tertentu untuk melakukan tindakan ini. Tindakan bedah dapat mengurangi kemungkinan ganglion timbul kembali menjadi 5 - 10 persen.

Demikianlah penjelasan mengenai benjolan dikaki ganglion tumor jinak.. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.sekian dan terima kasih :D

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penjelasan Benjolan Dikaki Ganglion Tumor Jinak"

Posting Komentar