14 Tips Membangun Pernikahan Bahagia Langgeng Dan Harmonis

Tips rahasia cara membuat membangun pernikahan dan rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah, bahagia langgeng serta harmonis.Ketika pernikahan sudah berjalan selama beberapa saat, mungkin muncul hal hal baru yang berbeda dari masa awal pernikahan. Sangat mungkin hal hal baru itu akhirnya menimbulkan riak riak dalam rumah tangga. Bagaimana cara menghadapinya ? Simak kiat kiatnya dibawah ini.

Terkadang dalam urusan rumah tangga kita dibuat rumit oleh tingkah laku istri maupun suami, menyatukan 2 kepala menjadi 1 dalam berumah tangga ini juga bukan merupakan hal yang mudah. Mengutamakan ego untuk keinginan masing masing orang dalam pernikahan sangatlah tidak etis rasanya sebab jika kita sudah berumah tangga kita harus selalu mengalah apalagi didalam urusan keinginan.

Membangun Pernikahan Bahagia Langgeng Dan Harmonis


Sering kita mendengar ucapan "sekarang kamu berubah" terlontar dari mulut pasangan pasangan lain. Baik istri maupun suami kerap menuding pasangannya sudah tak sama seperti dulu lagi. Sebenarnya ini wajar karena waktu memang membawa perubahan dalam setiap diri seseorang. Tidak ada orang yang benar benar sama dari dulu hingga sekarang. Baik itu soal fisik maupun kepribadian.

Tapi perubahan ini tidak harus menimbulkan masalah dalam rumah tangga kan ? Hubungan yang langgeng dan harmonis serta romantis tetap bisa terjalin meski usia pernikahan anda sudah berjalan cukup lama. Nah selain itu banyak lagi contoh contoh kasus yang menyebabkan hubungan suami istri menjadi jarak seketika. Fenomena fenomena inilah yang akan membuat kita bingung. Untuk itu marilah kita simak tips tipsnya berikut ini :

1. Hormati perbedaan

Dalam sebuah hubungan pastilah ada perbedaan. Baik itu perbedaan pendapat, perbedaan pandangan, perbedaan prinsip, perbedaan tingkah laku, perbedaan sifat dan lain lain. Ini tidak perlu ditakuti apalagi dipusingkan, dijauhi atau bahkan dihilangkan. Perbedaan yang ada justru akan memperkaya, melengkapi cerita kehidupan kita sehari hari.

2. Miliki Waktu Pribadi

Menikah memang identik dengan serba berdua. Tetapi bukan berarti anda dan pasangan anda jadi tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Anda bisa mendalami hobi bertemu teman teman lama atau mempelajari hal baru. Tidak perlu takut untuk memiliki hobi dan mendalaminya.

Hobi bisa menjadi hiburan untuk anda sendiri karena anda masih berhak memanjakan diri. Pernikahan yang bahagia tidak harus mengabaikan kepentingan diri sendiri. Sesudah menikmati waktu pribadi. Pasti anda kembali merasa segar dan kangen menjalani hubungan dengan suami.

3. Utarakan perasaan di waktu santai.

Bicaralah dari hati kehati dengannya saat pergi makan berdua atau minum teh dihari Minggu pagi misalnya. Suasana santai dapat membantu anda menciptakan hubungan yang lebih intim. Dengar baik baik apa yang disampaikan oleh pasangan dan tatap matanya. Mintalah ia melakukan hal yang sama ketika anda bicara.

4. Selalu ucapkan terima kasih.

Dua kata ini terlihat sepele. Tapi efek yang ditimbulkan dari dua kata ini sangat luar biasa. Ucapan terima kasih akan membuat pasangan senang dan makin sayang. Ucapan terima kasih dari seorang istri maupun suami merupakan penghargaan terbesar. Meski hanya kata kata tentu ini sangat ikhlas meskipun tidak ada timbal balik. Jika anda belum terbiasa dengan kata kata ini. Belajarlah mulai dari sekarang.

5. Jalin Komunikasi yang baik.

Komunikasi berperan penting dalam sebuah hubungan. Komunikasi yang lancar dalam sebuah hubungan menunjukan tinggi atau tidaknya suatu keharmonisan rumah tangga. Sesekali tanyakan kabarnya saat dikantor, tanyakan hal hal yang meski tidak penting sekalipun tunjukan perhatian anda terhadap pasangan. Terkadang didalam pekerjaan ataupun kegiatan sehari hari kita kerap mendapatkan berbagai macam cerita suka maupun duka. Biasakan untuk berbincang bincang dengannya sebelum tidur dimalam hari. Dan jangan lupa untuk mengucapkan kata "aku cinta kamu".

6. Jauhilah sikap egois.

Dalam sebuah hubungan terkadang kita harus melakukan apa yang sebenarnya tidak kita sukai. Jika ini terjadi maka lakukanlah tanpa menunjukan hal itu dengan ketidaksukaan kita apalagi dibarengi dengan rasa kesal.sadarilah bahwa terkadang suami pun harus melakukannya demi anda. Jadi santai saja toh itu hanya sesekali kan ? Adanya saling pengertian antara suami istri akan membuat hubungan semakin erat.

7. Miliki prioritas yang sama.

Tak jarang kita lebih cenderung mencari teman memiliki pemikiran yang sama dengan kita. Ternyata konsep itu pun berlaku pada setiap pernikahan. Pernikahan yang sukses adalah pasangan yang memiliki prioritas yang sama. Rajin rajinlah menyamakan persepsi dan prioritas yang sama dalam rumah tangga.

8. Asah selera humor bersama.

Tertawa bareng adalah cara yang indah untuk membuat hubungan suami istri semakin dekat. Memang didalam pernikahan pasti akan terdapat banyak masalah. Tapi cobalah untuk meningkatkan selera humor anda berdua. Hubungan akan semakin dekat dan masalah tidak akan terasa terlalu berat. Selain itu hari hari anda akan selalu dibarengi dengan keceriaan meski anda tau banyak masalah yang menghampiri anda berdua.

9. Selalu Jujur
Inilah cikal bakal kesetiaan dan pernikahan yang bahagia dan harmonis. Berterus terang lah kepada suami meski ini berat untuk disampaikan. Berkata jujur ini pahit dan menyakitkan bahkan akan menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan nantinya. Meski seperti itu dalam hubungan anda harus menjunjung tinggi sifat jujur. Anda tidak berhak sama sekali berbohong kepada pasangan anda.

Jangan pernah menyembunyikan suatu perkataan ataupun masalah. Masalah yang disimpan berlarut larut hanya akan menambah buruk keadaan. Jangan pernah takut untuk berdiskusi ataupun beradu argumentasi dengan pasangan. Ingatlah ini selalu bahwa mengatakan hal jujur meski menyakitkan ini merupakan salah satu hak anda. Temukan solusi yang tepat atas permasalahan dengan perkataan yang jujur dan tidak ada yang ditutup tutupi. Buatlah argumen yang sehat. Tidak dengan menggunakan emosi. Dan anda harus tetap berkepala dingin dalam menyelesaikan masalah.

10. Pelihara kesetiaan.

Bila sudah dinodai dengan perselingkuhan sebuah hubungan akan menjadi tidak sehat. Dan akan sulit menuju pernikahan yang bahagia harmonis apalagi langgeng. Perselingkuhan bisa terjadi oleh banyak faktor salah satunya adalah terjadi karena tidak adanya sensitivitas terhadap pasangan. Perhatian perhatian kecil yang diberikan kepada pasangan merupakan hal yang sangat penting. Sekedar memberikan hadiah kecil kepada pasangan juga bisa membantu menjaga keharmonisan hubungan.

11. Jadilah teman pasangan

Kita harus mampu berperan ganda untuk pasangan. Bukan hanya sebagai seorang istri maupun suami. Tetapi kita juga harus mampu menjadi seorang teman untuk masing masing pasangan kita.

12. Saling menghormati

Rasa hormat didalam sebuah hubungan seiring dengan jalannya waktu akan memudar. Tak heran kalau sampai pada hari ini pernikahan yang dialami seseorang semakin berjarak. Banyak sekali suka maupun duka saat kita menjalani rumah tangga. Rasa hormat kepada pasangan bisa saja kintur, untuk itu cobalah untuk belajar kembali menghormati apapun yang dilakukan oleh pasangan. Jangan coba untuk mendahului sesuatu tanpa memberitahu terlebih dahulu kepada pasangan. Jangan sungkan untuk selalu meminta pertimbangan.

13. Jangan pernah abaikan hubungan intim.

Tanpa hubungan intim yang baik rumah tangga akan menjadi hambar, pernikahan yang dijalani terasa seperti hari hari biasa. Pada point ini merupakan faktor vital bila tidak berjalan dengan baik. Erat atau tidaknya suatu hubungan pernikahan yang harmonis atau tidak ditentukan juga melalui point ini. Bisa dapat menimbulkan kemarahan dari masing masing pihak walaupun tidak diungkapkan secara langsung. Jadi lakukan hubungan suami istri dengan bahagia. Jangan sampai pasangan merasa tidak dicintai.

14. Hindari keterlibatan banyak orang.
Terlalu banyak orang yang ikut campur dalam urusan rumah tangga akan menambah permasalahan dalam hubungan. Masalah akan timbul semakin banyak dan semakin berat. Menyertakan banyak orang dalam urusan rumah tangga seseorang akan menambah semakin runyam. Sebisa mungkin selesaikanlah masalah rumah tangga anda berdua saja. Mencari teman curhat ataupun mencari pendapat boleh boleh saja. Tapi orang itu harus obyektif ya.

Oke itulah 14 point kiat kiat membangun pernikahan yang sukses rumah tangga yang harmonis dan langgeng, semoga informasi ini dapat menambah referensi anda dan tentunya dapat membantu anda, sekian dan terima kasih :D

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "14 Tips Membangun Pernikahan Bahagia Langgeng Dan Harmonis"

Posting Komentar