Cara Melakukan Presentasi Yang Baik Dan Benar

Tips Cara sukses membuka Melakukan membawakan Presentasi Yang Baik menarik Dan Benar efektif untuk mahasiswa karyawan kantor serta didepan kelas. cara mempersiapkan diri untuk presentasi. Banyak orang melakukan presentasi tapi tidak semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Ingin punya kemampuan presentasi yang lebih baik? Ini tips dan triknya.Bisa dibilang presentasi merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya untuk mereka yang bekerja kantoran tapi juga untuk pelaku bisnis rumahan. Jenis atau materi presentasinya bisa berbeda-beda. Alat-alat bantuannya juga beragam misalnya proyektor PowerPoint atau alat peraga. Itu semua menjadi bahan untuk melengkapi presentasi yang akan dilaksanakan. Di dalam bidang pekerjaan saya melakukan sebuah presentasi sudah merupakan sebuah keharusan. Dengan presentasi kami dapat menjelaskan dan mengutarakan hasil dari riset yang telah dilakukan. 

Sebagai bahan pelengkap presentasi Biasanya kami menggunakan slide atau program powerpoint. Mirip dengan trisanti nurisma ibu rumah tangga yang punya bisnis kaos juga harus sering melakukan presentasi. Saat mengajukan pinjaman uang ke bank misalnya. Iya harus mempresentasikan usahanya terlebih dulu di depan pihak bank. Nantinya pihak bank yang akan menilai Apakah usahanya tersebut Layak mendapat pinjaman atau tidak. Secara umum kegiatan presentasi ini bisa didefinisikan sebagai media untuk menyampaikan maksud dan tujuan sehingga maksud dari tujuan tersebut dapat segera diketahui. Selain itu presentasi juga bisa diartikan sebagai berbicara di hadapan publik. Dalam melakukan sebuah presentasi Kita harus melakukan persiapan yang bisa dikatakan kampang kampang susah. Tapi jangan khawatir dengan persiapan yang mantap siapapun dapat melakukan presentasi dengan baik tak terkecuali anda para ibu rumah tangga.


Persiapan materi presentasi

Setiap melakukan sebuah presentasi pasti ada sebuah materi (bahan) yang harus disiapkan terlebih dahulu. Materinya disesuaikan maksud dan tujuan anda memberikan presentasi. Contoh: seandainya akan memberikan presentasi di hadapan pejabat bank dengan maksud mengajukan pinjaman kredit usaha ada baiknya anda menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan surat-surat usaha. Persiapkan juga detail tentang jenis usaha pendapatan proses kerja dan informasi-informasi lain yang berhubungan dengan usaha tersebut. Dengan berkembangnya teknologi bahan bahan presentasi umumnya mudah terangkum dalam sebuah sistem di komputer anda. 

Baik itu komputer di rumah laptop notebook atau tablet. biasanya program yang digunakan untuk melakukan presentasi adalah PowerPoint. Tapi tidak tertutup kemungkinan digunakan program lain apapun itu pastikan anda tahu cara mengoperasikannya dengan baik dan lancar. Jika persiapan kurang, kredibilitas bisa tercoreng. Bisa-bisa kita dianggap tidak profesional dan tidak siap menyampaikan materi. Akhirnya tujuan atau isi dari materi tersebut pun tidak tersampaikan dengan baik. Dengan begitu bisa dikatakan presentasi yang dilakukan sudah gagal.

Persiapan diri saat presentasi

Selain mempersiapkan bahan presentasi Kita juga harus mempersiapkan diri. Apalagi jika akan berhadapan dengan pihak luar. Salah satu kendala yang paling sering terjadi saat melakukan presentasi adalah munculnya rasa gugup atau panik. Agar hal itu tidak terjadi pada kita coba simak berikut:

  • materi.Jika tidak siap dengan materi yang akan disampaikan otomatis anda menjadi bingung. Menguasai bukan berarti kita harus menghafal semua isi materi luar dalam. Yang penting pahami semua aspek yang ada dalam materi.
  • pemirsa. Sebisa mungkin ketahui kepada siapa anda akan memberikan presentasi. Cobalah cari tahu siapa saja yang akan hadir. Dengan begitu selain lebih siap secara mental Anda juga bisa menyesuaikan gaya bahasa dan cara menyapa.
  • bahasa. Gunakan bahasa yang dimengerti kedua belah pihak. Hindari menggunakan istilah-istilah kedaerahan Karena tidak semua orang mengerti. Bisa-bisa nanti malah terjadi kesalahpahaman. Saat presentasi Pakailah bahasa yang lugas efektif dan tidak bertele-tele.
  • mental. Jika baru pertama kali melakukan presentasi ada baiknya anda latihan presentasi di depan kaca atau di hadapan orang lain. Minta mereka menilai secara objektif agar Anda bisa melakukan perbaikan.
  • jawaban. Sesudah presentasi biasanya ada sesi tanya jawab. Jawablah semua pertanyaan yang diajukan dengan tenang dan percaya diri.
  • yakin. Anda harus mempunyai keyakinan diri. Katakan pada diri sendiri bahwa dalam presentasi ini andalah pemegang kendali atau nahkodanya.
  • makan. Sepertinya sepele tapi ini penting dilakukan. Jangan tunda atau lewatkan waktu makan hanya karena merasa tegang sebelum presentasi. Perut lapar bisa membuat konsentrasi buyar.
  • berdoa. Sebagai umat beragama mulailah segala sesuatu selalu dengan berdoa paling tidak ketenangan batin akan didapat dan dapat menurunkan tingkat keterangan.

Jika poin poin di atas sudah dipenuhi Yakinlah presentasi pasti berjalan lancar. Ingatlah presentasi yang memukau merupakan awal dari Kesuksesan kita.

hal hal yang harus dihindri atau larangan saat melakukan persentasi

  1. Jangan menggunakan busana dengan warna yang mencolok. Anda tidak sedang dalam acara fashion show.
  2. Jangan menggunakan busana dengan model yang berlebihan karena justru akan membuat orang lebih memperhatikan busana anda daripada isi presentasinya.
  3. Jangan menggunakan make up yang berlebihan. Riasan dengan warna soft justru akan membuat anda lebih terlihat fresh.
  4. Jangan menata rambut Anda dengan modal dan aksesori yang rumit.
  5. Jangan menampilkan mimik muka yang masang atau cemberut. Hal ini bisa membuat peserta presentasi tidak nyaman.
  6. Saat presentasi di hadapan banyak orang pandangan Jangan hanya tertuju pada satu titik. Berilah pandangan yang hangat dan bersahabat.
  7. Dengan memperhatikan sikap tubuh yang gelisah seperti terlalu sering mempermainkan tangan.
  8. Jika anda harus memberikan presentasi pada posisi berdiri berdirilah dengan sikap sempurna. Jangan bersandar bersikap loyo atau menggerakkan kaki seperti maju mundur.
  9. Dengan menggunakan intonasi dan volume suara yang keras. Aporla suara agar tidak terlalu kencang dan tidak terlalu lembut.
  10. Jangan berbicara terlalu cepat. Atur artikulasi agar terdengar jelas. Dengan demikian isi presentasi bisa tersampaikan dengan lebih baik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Melakukan Presentasi Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar