Cara Mengatasi Kebiasaan Sering Lupa



Cara Ampuh menghilangkan Mengatasi Kebiasaan penyakit Sering Lupa sesuatu. penyebab sering lupa. Sering lupa dimana menyimpan kunci mobil? atau lupa sudah membuat janji dengan seseorang? Ya penyakit lupa memang sulit dihindari. Tapi bukan berarti tidak bisa diatasi.Terkadang seseorang sering dibuat bingung oleh tingkah laku teman yang panik dan terburu-buru membongkar seluruh isi tas. Teman-teman memandangnya sambil tersenyum sambil menyeletuk, apalagi yang hilang? Kunci mobil, HP, atau hidung? . Kejadian seperti ini memang sering dialami karena memang pelupa. Tak hanya soal barang. kita juga sering lupa janji dengan suami atau bahkan jadwal rapat kantor. Sebenarnya, punya kita juga sangat jengkel dengan sifat pelupa itu.






Apalagi seringkali penyakit lupa itu berdampak sangat merugikan. Yang paling membuat kita sebal, teman-teman sering menggelar menyebut nenek atau kakek pikun. Penyakit lupa yang dialami memang bukan hal langka. Hasil dari sebuah riset di Inggris yang dilakukan oleh nasional-lottery.co.uk ditemukan bahwa Sebagian besar orang dewasa merupakan setidaknya tiga hal ketika mereka berbelanja ke supermarket. Pertama mereka lupa harus berbelanja apa kedua lupa meninggalkan makanan atau minuman mereka hingga dingin dan terakhir lupa meletakkan kunci rumah atau mobil mereka. Penyakit lupa yang sering diderita itu memang awalnya muncul dari hal-hal kecil. Hal kecil itu kemudian dibiarkan karena dianggap sepele. Padahal jika dibiarkan berlanjut bukan tidak mungkin memori otak kita semakin melemah.












Seperti kendaraan.



mengingat Sesuatu memang bagian dari tugas memori otak. Lupa tambahnya sering terjadi karena otak tidak bisa menyimpan semua data. Kalau ada hal-hal yang tidak diberi perhatian khusus atau dianggap tidak penting Otak tidak akan menyimpan dan merekam. Itu sebabnya kita lupa. Secara teori dokter yang praktek di Rumah Sakit Mitra Kemayoran ini mengatakan bahwa memori otak sebenarnya bisa dipakai hingga usia 80 tahun. Namun kemampuannya akan menurun seiring pertambahan usia dan penurunan fungsi bagian tubuh yang lain. Namun bukan tidak mungkin penurunan memori otak sudah terjadi di usia produktif. Pada orang berusia muda. Pada dasarnya otak manusia kondisinya berbeda-beda, tergantung pemiliknya. Jangan salah ada orang tua yang kondisi ingatannya masih bagus. Kondisi otak sebagai tempat penyimpanan memori itu berbeda-beda, sangat tergantung bagaimana masing-masing orang merawat dan melatih nya. Otak itu mirip seperti kendaraan harus sering dipanasi atau dilatih, harus dijaga dan dirawat juga.



Gaya hidup



Merawat dan menjaga otak merupakan hal yang sangat penting. Siska sekarang banyak orang terjangkit penyakit lupa di usia muda, salah satu penyebabnya bisa jadi adalah gaya hidup yang tidak sehat. Alih-alih menjaga dan merawat otak gaya hidup kita seringkali malah merusaknya. Berikut adalah gaya hidup yang seringkali kita lakukan yang dapat merusak atau menurunkan fungsi otak.dengan kata lain penyebab lupa adalah sebagai berikut :
Makan sembarangan. Kesibukan dan tuntutan pekerjaan terkadang membuat orang sering tidak memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuhnya melalui makanan. Semua itu membentuk gaya hidup asal kenyang dan asal enak sehingga banyak yang tidak memperdulikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Kecenderungannya mereka memilih makanan instan yang banyak menggunakan zat kimia berbahaya makanan cepat saji atau makanan makanan yang kandungan lemak gula dan garamnya tinggi. Makanan-makanan tersebut berbahaya karena dapat memicu penyakit penyakit seperti stroke yang akhirnya berdampak langsung pada otak.
Rokok Dan Racun. Tidak hanya menyebabkan penyakit penyakit kronis untuk tubuh seperti kanker atau stroke rokok dan racun racun seperti narkoba dapat merusak sel-sel dan menghambat regenarasi sel termasuk sel-sel otak manusia. Hal itu akan memicu penuaan dini. Salah satu ciri penuaan dini yang terjadi adalah menurunnya daya ingat.
Kurang tidur. Pekerjaan atau tawaran hiburan terkadang membuat kita lupa waktu dan lupa istirahat termasuk lupa tidur. Setidaknya sepertiga waktu manusia digunakan untuk beristirahat. Artinya Kita seharusnya memiliki waktu tidur sekitar 8 jam dalam sehari. Saat tidur Itulah tubuh beristirahat dan melakukan normalisasi termasuk otak. Tapi tak hanya jatah tidur saja yang diperhatikan kualitas tidur juga harus sangat dijaga. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang tanpa dengkuran. Dengkuran dapat memicu penyakit lain seperti jantung atau stroke Selain itu mendengkur dapat menyebabkan pikun.
Stres. Stres akan memicu ketegangan di otak dan membuat energi otak habis. Itu sebabnya pada orang stres sering kali muncul istilah pikiran Buntu atau mampet. Seseorang yang mengalami stres biasanya tidak dapat berpikir jernih atau normal karena otaknya kewalahan dan kehabisan energi termasuk saat harus mengingat atau mencari informasi di otak. Stres yang berlebihan juga dapat memacu pelepasan hormon kortisol yang akan mengganggu Ingatkan.
Malas. Banyak orang yang bekerja hingga kelelahan hingga malas berinteraksi dengan orang lain dan malas berolahraga. Padahal interaksi dengan orang lain membuat otak kita terasah. Sering kali dalam mengobrol ingatan lama dipanggil kembali sehingga memori otak terlatih. Selain menjaga kebugaran tubuh olahraga tentu saja juga dapat menjaga kebugaran otak karena saat berolahraga Biasanya kita akan rileks dan otak menjadi tidak tegang. Berolahraga juga memungkinkan kita menjalani komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.





Cara Mengatasi Kebiasaan Lupa



Untuk melatih menjaga dan merawat kaki agar terhindar dari penyakit lupa simak tips berikut ini:






T: tulis. Tulislah setiap hal yang membutuhkan perhatian khusus. Setiap orang perlu melakukan hal ini karena memori manusia memang terbatas. Yang perlu ditulis agar tidak lupa misalnya: hari-hari spesial janji jadwal rapat atau utang-utang.



I: ingat. Ingatlah hal-hal yang baru. Buanglah hal-hal lama yang tidak penting, seperti masalah yang sudah selesai atau kenangan-kenangan yang menyakitkan.



D: dengar. Dengarlah perkataan orang dengan seksama agar anda tidak mudah lupa.



A: aktif. Usahakan selalu bergerak dan berpikir agar otak selalu terasah. Rajinlah berolahraga supaya badan sehat.



K: komunikasi dan konsultasi. Makhluk hidup perlu berkomunikasi dengan orang lain. Dengan berkomunikasi otak akan diajak berpikir dan berlatih mengingat serta menyimpan Ingatan. Selain berkomunikasi Anda juga perlu berkonsultasi dengan orang yang dianggap memiliki kompetensi lebih. Jika anda sering kali lupa berkepanjangan serta menimbulkan kerugian ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter.



L: latihan. Lakukan latihan-latihan untuk tetap memaksimalkan kerja otak. Latihan seperti senam otak dan brain gym sangat dianjurkan. Karena pada dasarnya latihan tersebut menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan kanan. Untuk latihan yang lebih sederhana karaoke dapat menjadi pilihan yang menyenangkan. Otak kiri dilatih dengan lirik lagu sementara otak kanan dilatih menggunakan Irama dan tangga nada.



U: ulangi. Jangan pernah bosan melakukan latihan.



P: perhatian. Berilah perhatian perhatian yang lebih pada hal-hal yang harus dan penting untuk diingat. Fokuslah pada satu hal Jangan membagi-bagi pikiran.



A: asosiasi. Agar mudah diingat berikan penanda yang memiliki hubungan kedekatan dengan kiri anda. Buatlah penanda untuk mengingat hal-hal baru seperti mengingat bagian paling berkesan atau lucu. Jika perlu Anda bisa membuat istilah-istilah seperti jembatan keledai yang diajarkan di sekolah waktu kecil dulu. Seru!


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Kebiasaan Sering Lupa"

Posting Komentar