Cara Sukses Beralih Profesi Pekerjaan

Cara Matang Sukses Beralih Profesi Pekerjaan. Berganti pekerjaan hal lumrah dalam dunia profesional. Jika bidang yang digeluti masih sama, mungkin tidak terlalu banyak masalah. Tapi bagaimana jika dunianya benar-benar baru? Apa sajakah yang harus dipertimbangkan?beberapa orang mungkin sedang membicarakan betapa hebatnya orang orang yang beralih profesi , mungki orang tersebut merupakan bekas teman satu divisi mereka bekerja. Awalnya  pekerja kantoran biasa seperti mereka. Tapi sekarang dia beralih profesi kemudian menjalankan usaha atau bisnis. Awalnya hanya punya 1 karyawan, Sekarang dia sudah punya banyak. melihat hal itu kita merasa salut dengan pencapaian teman kita tersebut. Iya masih ingat Bagaimana temannya tersebut sempat ragu dengan keputusannya membanting setir dari pekerja kantoran menjadi pengusaha. Tapi ternyata dia bisa sukses. Penghasilannya jauh lebih besar dibanding mereka yang menetap. 

Beralih Profesi Pekerjaan


Menurut psikolog, Wajar saja jika orang memilih untuk beralih profesi. Banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan tersebut. Sama juga seperti alasan orang bekerja. Bermacam-macam dan berbeda-beda. Bermacam-macam dan berbeda-beda. Bila dibagi berdasarkan perbedaan motivasi, ada dua kelompok. 
  • Kelompok pertama: orang-orang yang menjadikan pekerjaan sebagai batu loncatan. Meski tetap melakukan tanggung jawab dengan maksimal, mereka biasanya sudah berencana tidak akan lama bekerja di satu tempat. Bisa jadi pekerjaan saat itu hanya dijadikan alat untuk mendapatkan relasi atau memperluas wawasan. Ada juga yang bekerja di sebuah perusahaan hanya untuk mengisi waktu. Orang seperti ini biasanya sudah punya perusahaan atau profesi yang diincar. Tapi karena belum ada kesempatan, dia menerima dulu tawaran dari perusahaan lain. Orang seperti ini pasti mudah berganti ganti pekerjaan. Enak atau tidak enak di perusahaan sekarang, dia pasti tetap indah jika ada tempat lain yang memberi penawaran lebih baik. Apalagi jika dapat pekerjaan yang memang sesuai dengan minat atau impiannya.
  • Kelompok kedua adalah orang-orang yang telah memiliki pekerjaan sesuai keinginan hati, tapi kemudian tetap memilih berganti jalur. 
Ada beberapa hal yang membuat kelompok ini banting setir( beralih profesi, misalnya:

  1. Karir mentok. merasa karir tak mungkin menanjak lebih tinggi lagi atau merasa pekerjaan sudah kurang menantang.
  2. Cari suasana baru. merasa tidak nyaman karena sudah sangat mengenal lingkungan dan cara kerja di perusahaan sekarang. Jika pindah ke perusahaan sejenis ditakutkan perasaan yang sama akan muncul. Karena itulah diputuskan untuk berganti jalur ke bidang lain.
  3. Mengembangkan potensi. karena merasa mencapai apa yang dicita-citakan, jadi ingin merambah ke dunia baru.
  4. Belum menemukan passion. meski sudah lama bekerja di sebuah perusahaan atau di suatu bidang, merasa belum juga menemukan passion atau panggilan hati. Karena itulah, diambil keputusan untuk mengganti jalur yang sesuai dengan minat atau passion.
  5. Keluarga. sebelum menikah menghabiskan waktu untuk bekerja bisa jadi tidak masalah. Lain cerita ketika sudah menikah dan punya anak. Faktor ini membuat banyak orang memilih berganti profesi dan mencari pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus mengorbankan kebersamaan dengan anak.

Yang perlu dipertimbangkan Saat Beralih atau Berganti Profesi


Meski keinginan untuk beralih profesi sudah cukup kuat banyak orang yang tetap merasa ragu saat akan mewujudkannya. Keragu-raguan ini Wajar saja . Kebimbangan itu bisa dirasakan siapa saja. Sebelum mengambil keputusan coba perhatikan betul alasan anda pindah jalur. Profesi yang baru mungkin menawarkan penghasilan lebih besar. Ini tentu membuat kita tergoda. Tapi apakah uang banyak pasti membawa kebahagiaan? Belum tentu. Jadi harus kembali lagi ke tujuan atau prioritas hidup masing-masing. Ada beberapa faktor yang perlu dijadikan bahan pertimbangan sebelum keputusan untuk banting setir diambil. Berikut sebagian diantaranya:
  1. Buatlah skala prioritas. jika memang banyak pilihan Tentukan mana profesi yang sesuai passion atau minat anda. Jika merasa belum yakin dengan pasion coba dengarkan kata hati.
  2. Mengenali tantangan. tiap profesi memiliki tantangan sendiri sendiri. Sebelum memilih satu profesi tertentu, cari tahu sebanyak-banyaknya Tantangan apa saja yang harus dan akan dihadapi. Kenali juga kemampuan diri apakah sanggup menghadapi dan melalui tantangan tantangan tersebut.
  3. Lakukan survei. perhatikan juga orang-orang yang sudah terjun terlebih dulu di profesi baru itu. Lebih baik lagi jika Anda meluangkan waktu untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan mereka seputar tantangan, tanggung jawab atau hal-hal lain yang merasa perlu Anda ketahui.
  4. Diskusikan dengan pasangan. jika sudah menikah sebaiknya Anda membicarakan masalah Indah bidang atau pindah profesi ini dengan pasangan. Ini memang berhubungan dengan diri sendiri. Tapi bagaimanapun juga Keputusan anda akan berpengaruh pada kehidupan pasangan dan keluarga. Jika akhirnya Anda memutuskan untuk beralih profesi, lakukanlah dengan sepenuh hati dan dengan persiapan matang. Jangan lupa tinggalkan perusahaan lama dengan cara yang benar. Siapkan surat pengunduran diri sesuai aturan kantor dan selesaikan semua tanggung jawab sekarang Anda sudah siap banting setir.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Sukses Beralih Profesi Pekerjaan"

Posting Komentar