Dampak Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Kalsium

Bahaya atau dampak yang ditimbulkan bagi tubuh jika kekurangan kalsium. Salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium. Resume memang populer sebagai penguat tulang. Tetapi tidak hanya itu manfaatnya. Banyak sekali manfaat lain dari kalsium untuk tubuh. Lalu Bagaimanakah jika tubuh kita kekurangan kalsium simak ulasannya berikut ini.

Mendengar kata kalsium yang langsung terbayang dalam benak adalah tulang dan gigi. Ini sangatlah wajar. Berbagai penelitian membuktikan bahwa kalsium merupakan komponen utama pembentuk tulang serta gigi. Sekitar 99% kalsium dalam tubuh manusia ada pada tulang dan gigi. Kalsium membuat jaringan yang ada pada tulang dan gigi selalu bertumbuh.

Kita bisa sendiri melihat hasilnya nyatanya. Misalnya pada anak. Jumlah giginya semakin banyak dan tubuhnya semakin tinggi. Apabila ada sel yang rusak kalsium membuat jaringan tersebut bisa langsung memperbaiki diri. Semua orang berapapun usianya butuh kalsium untuk proses peremajaan tulang. Jika kebutuhan akan kalsium tidak tercukupi proses itu akan terganggu , terhambat, atau bahkan terhenti.

kekurangan kalsium

Untuk semua bagian tubuh

Sebenarnya tidak hanya tulang dan gigi yang membutuhkan kalsium. Dalam jumlah yang relatif lebih kecil kalsium juga diperlukan darah dan sel-sel jaringan lunak dalam tubuh seperti otot atau saraf.

Lalu apa sih akibatnya jika tubuh kita kekurangan kalsium. Berikut ini merupakan poin-poin penting jika tubuh kekurangan konsumsi kalsium

Pertumbuhan tulang dan gigi terganggu.
Di masa kanak-kanak kekurangan kalsium mengakibatkan perkembangan tubuh tidak maksimal. Tubuh tidak mencapai tinggi optimal. Selain itu bisa-bisa jumlah gigi anak tidak sesuai dengan usianya. Kalaupun ada giginya jadi mudah keropos dan berlubang.

Darah sulit membeku.
Ternyata kalsium juga merupakan komponen penting dalam proses pembekuan darah. Bila terjadi kekurangan kalsium darah akan sulit membeku sehingga proses penyembuhan luka akan terhambat.

Otot mengalami gangguan kontraksi.
Kekurangan Kalsium dapat menyebabkan pergerakan otot jadi tidak normal sehingga memungkinkan timbulnya kejang otot. Otot-otot terasa sangat nyeri. Bagian tubuh lainnya yang sangat mengandalkan kinerja otot adalah jantung. Tugas jantung dalam mengedarkan darah keseluruh tubuh sangatlah bergantung pada kontraksi otot.

Kerja otak terganggu
Kalsium juga dibutuhkan untuk menghantar sinyal ke sel-sel saraf. Minimnya asupan kalsium akan mengganggu rangsangan saraf di otak dan mengganggu kinerja tubuh. Efeknya adalah daya ingat menurun ,Malas berpikir, mudah terkejut, sulit tidur, atau resah berkepanjangan.

Metabolisme terganggu.
Kalsium punya posisi penting dalam hal produksi enzim, hormon pencernaan, serta metabolisme karbohidrat dan lemak. Pada orang yang mengalami kekurangan kalsium. Tubuhnya akan cenderung memproduksi hormon calcitriol. Dalam jumlah yang lebih banyak.

Hormon ini memperlambat proses pemecahan lemak. Kekurangan kalsium juga membuat penyimpanan glikogen bermasalah. Glikogen adalah cadangan energi yang didapat dari karbohidrat. Bila kita kekurangan kalsium, cadangan energi dalam tubuh semakin menipis. Kita akan terus menerus merasa lapar dan tubuh jadi lebih rentan terserang penyakit gula.

Osteoporosis.
Kualitas kepadatan tulang memang sangat bergantung pada kalsium. Tulang sehat dan padat akan berfungsi dengan baik sebagai penyangga tubuh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jaringan tulang juga beregenerasi. Setiap sel yang sudah tua dan rusak diganti dengan sel baru.

Kekurangan kalsium akan menghambat pembentukan sel baru sementara kerusakan sel lama terus terjadi. Hal inilah yang membuat tulang menjadi keropos atau yang sering disebut dengan Osteoporosis. Sebagian besar kalsium memang digunakan untuk tulang, hanya sekitar 1% yang digunakan untuk darah dan jaringan lunak lainnya. Namun ketika kebutuhan kecil di sini tidak terpenuhi. Kemukakan secara otomatis berusaha memenuhinya. Dengan cara mengambil kalsium dari tulang. Jika ini terjadi terus dalam jangka waktu lama.Kepadatan tulang akan tentu berkurang.

Tidak hanya dari susu

Agar tubuh bisa berfungsi secara optimal, tentu kita harus memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Namun seberapa banyak kalsium yang kita perlukan setiap hari ?

Tingkat kebutuhan orang-orang akan kalsium berbeda-beda. Ini sangat tergantung pada ukuran badan dan usia seseorang. Biasanya remaja yang sedang bertumbuh, ibu hamil, atau orang yang sudah lanjut usia. Membutuhkan asupan kalsium lebih banyak. Secara umum kebutuhan kalsium tubuh adalah antara 600 mg sampai dengan 1000 mg perhari.

Susu keju dan produk produk olahan susu lainnya sudah lama dikenal sebagai sumber kalsium. Tetapi kebutuhan akan kalsium ini juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan alami lainnya. Sumber kalsium yang lain adalah sayur-sayuran berwarna hijau (seperti brokoli bayam atau sawi) udang serta kacang-kacangan dan olahannya (tahu dan tempe). Ikan juga merupakan sumber kalsium yang baik, misalnya teri salmon sarden dan tuna.

Walaupun kalsium sangat dibutuhkan tubuh, ada satu hal penting yang perlu kita ingat. Konsumsi secara berlebihan juga tidak baik. Janganlah terlalu banyak dan terlalu sering mengonsumsi suplemen. Yang mengandung kalsium dalam jumlah tinggi tanpa pengawasan dokter. Kalsium berlebih dalam tubuh akan membuat mineral lain terdesak sehingga tubuh akan kekurangan zat tersebut.
Ginjal pun tidak akan dapat memproses kelebihan kalsium ini. Kondisi tersebut memungkinkan timbulnya endapan batu ginjal. Di samping itu orang yang berlebihan mengkonsumsi kalsium biasanya akan cenderung susah buang air besar. Itu sebabnya konsumsi kalsium harus diimbangi dengan konsumsi mineral lainnya seperti magnesium, fosfor, seng( zinc), zat besi dan juga vitamin D.

Kandungan kalsium dalam makanan

Ingin tahu seberapa banyak kalsium yang anda konsumsi? Berikut ini informasinya
  • Susu secara alamiah susu sudah mengandung banyak kalsium, jadi tidak perlu memilih susu yang diperkaya tambahan kalsium. Meminum dua gelas susu biasa segar ataupun bubuk sudah dapat memenuhi kebutuhan kita akan kalsium setiap hari.
  • Sayuran hijau (bayam, brokoli, daun melinjo, daun lamtoro atau daun talas). Rata-rata mengandung 150 mg. - 300 mg kalsium per 100 gram.
  • Buah-buahan ( apel, pisang, atau pir ukuran sedang ) . Mengandung 7 sampai 55 mg kalsium.
  • Kacang-kacangan (kacang kedelai kering) mengandung 225 mg kalsium dalam setiap 100 gram.
  • Tempe atau tahu. 125 mg kalsium per 100 gram.
  • Hasil laut ( udang rebon kering, udang kering dan teri kering) mengandung 1200 mg sampai 2300 mg kalsium dalam setiap 100 gramnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dampak Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Kalsium"

Posting Komentar