Kenali Ciri-Ciri Kosmetik Kadaluarsa

Cara mengetahui mengenali ciri ciri dan tanda tanda kosmetik kadaluarsa. Apa yang harus dilakukan jika produk kosmetik mencapai tenggat waktu penggunaannya?Ciri-ciri berikut bisa menjadi panduan untuk mengetahui kapan saat yang tepat mengganti kosmetik. Terkadang saat kita membeli kosmetik atau menggunakan kosmetik. kita tidak tau kapan terakhir kode expired yang dikeluarkan oleh produk kosmetik tersebut. Tahukah anda jika kosmetik kadaluarsa atau expired digunakan sangatlah berbahaya bagi anda. anda harus mampu mengenali ciri atau tanda suatu kosmetik sudah lewat masa berlakunya agar tidak salah dalam membeli produk. Lalu apa sajakah ciri ciri kosmetik yang sudah kadaluarsa mari simak ulasannya berikut ini 


kosmetik kadaluwarsa expire



Ciri-Ciri Kosmetik Kadaluarsa

  • Aroma. Saat keharuman produk berkurang, artinya produk sudah mendekati masa kadaluarsa. Aroma produk yang berubah menjadi tidak enak. Menunjukkan bahwa bakteri sudah berkembang dalam produk. Buang segera!
  • Warna. Bakteri dan Jamur mudah timbul pada kosmetik. Maka dari itu, perhatikan warna dan tekstur ini. Jika tampilannya berubah dari saat anda pertama kali membeli, segera singkirkan produk tersebut.
  • Minyak. Terutama pada lipstik dan eye shadow cream. Jika anda sudah mulai mendeteksi munculnya minyak pada permukaan produk, berarti masa kadaluarsa sudah dekat.
  • Tempat penyimpanan. Gemar meletakkan produk kosmetik di dalam mobil selama berjam-jam dan dibiarkan terpapar matahari secara berkelanjutan? Jangan heran kalau hal ini mempercepat hilangnya bahan pengawet dalam produk. Dalam artian, proses kadaluarsa kosmetik menjadi lebih cepat.

Setiap produk pun memiliki masing masing tenggat waktu karna itu, setiap produk memiliki waktu rata rata sebelum mereka expire. berikut estimasi waktu penggunaan produk.


rata-rata estimasi waktu penggunaan produk kosmetik

Maskara. Bertahan 3 sampai 4 bulan. 

  • Dibandingkan produk lainnya, maskara memiliki jangka waktu penggunaan paling singkat. Hal ini karena teksturnya yang lembab sehingga menjadi tempat ideal bagi perkembangan bakteri.
  • Ciri paling mudah untuk mengetahui maskara yang kadaluarsa adalah teksturnya yang menggumpal dan kamar tercium aroma gas. Menggunakan maskara yang telah kadaluarsa dapat menyebabkan infeksi dan iritasi pada mata dan kulit di sekitarnya.

Eye shadow. Dapat digunakan hingga 3 tahun.

  • Pastikan untuk tidak menggunakannya jika usia produktif melebihi 3 tahun. Mengingat butiran eye shadow mudah masuk ke area mata. Salah salah, hal ini mengakibatkan infeksi atau problem lain di area mata.

blush on dan bedak. Umumnya bertahan hingga 1 tahun.

  • Cara paling mudah untuk mengetahui masa kadaluarsanya adalah dari perubahan warna menjadi lebih pekat dan kusam serta dari aromanya.
  • blush on dan bedak umumnya disertai aroma yang harum. Jadi, jika aroma sudah berubah artinya Sudah saatnya anda mengganti produk.
Concealer. concealer berbentuk stik mampu bertahan lama dari concealer bentuk lainnya yaitu sekitar 8 - 12 bulan. Untuk yang berbentuk krim dan cair dapat bertahan 6 - 8 bulan.
  • Sulit untuk mengetahui masa kadaluwarsa concealer dari kondisi fisiknya. karena itu biasakan untuk menulis tahun saat anda membuka produk dan pastikan untuk tak menggunakannya lebih dari jangka waktu yang disebutkan.
Eyeliner. Bertahan 3 sampai 4 bulan.
  • Sama halnya dengan maskara, liquid eyeliner juga mudah menjadi tempat berkumpulnya bakteri karena tekstur nya yang lembap.
  • Udara yang masuk saat aplikatornya masuk kedalam kemasan akan mendorong masuknya bakteri. saat tektur eyeliner menggumpal dan mengering, segera ganti dengan yang baru.
Lipstik. Bertahan 1 - 2 tahun
  • Saat aroma lipstik berubah menjadi asam , tak sedap, tekstur mengering, dan tak lagi memberikan kelembapan pada kulit bibir. ini menandakan bakteri sudah terkumpul diatas permukaan produk. Hentikan penggunaan karna bisa mengiritasi bibir.
Foundation. Bertahan 3 - 6 bulan
  • Kadaluarsa saat tekstur sudah berubah tampak berair atau berminyak. disertai aroma tak sedap. 
  • Menggunakan foundation yang kadaluwarsa dapat menyebabkan iritasi, kulit gatal gatal, dan kemerahan.

Untuk memperlambat proses kadaluarsa serta memaksimalkan jangka waktu penggunaan produk, coba praktekkan tips berikut ini:

  1. bersihkan secara rutin aplikator make up, termasuk sikap maskara, brush untuk blush on,  serta spon pada bedak.
  2. sebelum menggunakan riasan wajah, pastikan mencuci tangan dan permukaan wajah dengan sabun.
  3. hindari penggunaan make up secara bersama-sama. Bertukar make-up sama saja dengan bertukar bakteri.
  4. biasakan untuk menutup rapat kosmetik saat digunakan dan disimpan dalam tempat bersih dan sejuk.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenali Ciri-Ciri Kosmetik Kadaluarsa"

Posting Komentar