Penyebab Dan Cara Mengatasi Suami Pelit

Penyebab dan solusi cara mengatasi suami yang pelit atau perhitungan. Ciri ciri suami pelit. Bagaimanakah cara menghadapi suami pelit ? Dari segi agama ? Beli ini ga boleh beli itu ga boleh. Kenapa suami saya pelit sekali ya ? Ketahui penyebab dan jalan keluarnya melalui ulasan berikut ini .

Suami kamu pelit ? Ya terkadang kita baru mengetahui perangai asli saat sudah menjalani hubungan pernikahan yang terbilang cukup lama . Sejak awal pernikahan memang tidak terlalu nampak sifat asli para suami ini. Namun lama kelamaan semakin terasa bahwa suami kita mulai berhitung.

Terkadang kita sering dibuat iri oleh para suami lain yang selalu memanjakan istrinya ke salon atau berbelanja setiap hari.. namun beberapa keadaan justru ada suami yang keberatan dengan hal hal tersebut. Segalanya seperti dibatasi. Ini yang kemudian menjadi anggapan yang serba salah Dimata istri.



Ada beberapa hal yang harus kita pahami sebelum anda benar benar memvonis suami anda itu memang pelit. Namun sebelum itu kenali penyebab nya mengapa ia bisa seperti itu.

Sabarlah dalam menghadapi suami.

Memiliki suami pelit bukanlah kejadian langka. Ada banyak suami pelit lainnya. Namun bentuk dan konteksnya saja yang sedikit agak berbeda. Intinya tetaplah sama. Yaitu suami terlalu perhitungan. Bahkan sampai sampai bisa kita kategorikan pelit. Pastinya kita kesal dengan hal tersebut. Dari pada kita harus menyimpan kejengkelan yang berujung pada pertengkaran. Ada baiknya untuk para istri agar lebih terbuka dan sabar dalam menghadapi sang suami.

Masalah ini sebenarnya masalah yang sangat tergolong sensitif. Dan bahkan sering menjadi pemicu keretakan rumah tangga. Apabila ini terus dibiarkan. Jadi isu tersebut haruslah cepat anda atasi dengan keterbukaan pikiran dari masing masing pihak. Dalam situasi ini istri juga harus bisa membedakan mana sikap suami yang hemat dan mana yang pelit.

Seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu tanpa penyebab yang pasti. Jadi langkah pertama yang harus diambil untuk menghadapi suami yang pelit atau perhitungan . Adalah terlebih dulu anda mencari tahu penyebabnya. Setelah itu barulah menentukan sikap apakah suami tersebut memang pelit ? Ataukah bersikap hemat ? .

Berikut beberapa faktor penyebab suami menjadi pelit atau jadi perhitungan :
Faktor penyebab suami pelit atau perhitungan.

Penyebab Suami Pelit Dan Perhitungan

a. Instrospeksi diri (Istri)

Cobalah instrospeksi diri. Bisa jadi suami pelit atau perhitungan dikarenakan sifat istri yang terlalu boros. Dan kurang dapat dipercaya dalam hal mengelola dan menyusun prioritas keuangan. Sebaiknya anda jangan kesal terlebih dahulu . Bisa jadi istrilah yang membuat suami harus melakukan tindakan tegas untuk mengerem kebiasaan buruk istrinya yang terlalu boros.

Jika suami bersikap pelit karena hal ini solusinya istri harus mulai belajar memahami bahwa berbelanja atau menghambur hamburkan uang untuk kepentingan yang tidak mendesak adalah hal yang sangat kurang baik. Sah sah saja seseorang mencari kesenangan dengan berbelanja. , Berlibur maupun memanjakan diri ke salon. Namun tentunya harus sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan .

Setelah itu , istri harus dapat mengembalikan kepercayaan suami. Dan menunjukan bahwa dirinya telah berubah. Dan dapat dipercaya untuk kembali mengatur keuangan. Jelaskan lah kepada suami secara gamblang dan rinci. Kebutuhan pokok anda sebagai seorang istri dan ibu. Buktikanlah bahwa anda adalah istri yang bertanggung jawab.

b. Kondisi keuangan keluarga

Yang juga menjadi penyebab munculnya sikap terlalu perhitungan adalah karena suami punya rencana yang panjang. Untuk keluarga. Misalnya ia berencana membeli rumah. Kendaraan , atau ingin menabung untuk pendidikan anak anak dimasa depan. Istri juga harus ikut mendukung dan membantu suami dalam urusan keuangan ini. Dengan cara menyusun prioritas menghemat, dan mengurangi pengeluaran yang berlebihan .

Intinya istri harus mampu mengatur keuangan keluarga. Supaya jumlah pengeluaran ditambah kewajiban untuk menabung tidak lebih besar daripada jumlah pemasukan keuangan keluarga. Untuk berjaga jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan. Memiliki tabungan yang besarnya setara dengan biaya hidup keluarga selama enam bulan. Dengan tabungan itu. Kebutuhan dapat terpenuhi dan tercukupi jika tidak ada pemasukan selama enam bulan ke depan.

Keterbukaan sangatlah penting supaya tidak terjadi salah paham atau salah penilaian. Segala terencana yang berhubungan Dengan keluarga. Haruslah dibicarakan dan masing masing pihak harus dapat menerima hal hal yang memang berkaitan dengan kepentingan keluarga. Kalau ada kebutuhan yang memang harus dicukupi , kemukakan lah beserta alasannya.

Yang juga harus dibicarakan adalah kepentingan istri untuk berdandan atau pergi ke salon. Kebanyakan suami mungkin akan menganggap kegiatan ini hanya akan menghambur hamburkan uang. Padahal bagi sebagian besar wanita. Hal ini dilakukan sebagai penghargaan terhadap diri sendiri. Dan supaya bisa tampil cantik didepan suami. Kalau keuangan keluarga memang memungkinkan kenapa tidak ?

c. Latar belakang ekonomi suami

Kondisi ekonomi dimasa lalu juga bisa menjadi penyebab munculnya sifat pelit atau terlalu berhati hati. Dalam mengelola keuangan. Istri harus benar benar memahami hal ini. Secara psikologis suami menginginkan keamanan finansial agar kondisinya dimasa lalu tidak terulang atau dialami anak anaknya kelak.
Keadaan itu yang membuat suami sangat berhati hati dalam mengeluarkan uang dan sangat menghargai hasil kerjanya. Yang mungkin didapatkan dengan susah payah. Jika istri mempunyai latar belakang yang sama, biasanya tidak akan terjadi kesulitan untuk memahami suami. Masalah akan muncul ketika istri berasal dari latar belakang ekonomi yang berbeda. Dan tidak pernah merasa kan sulitnya mencari nafkah.

Dari manapun latar belakang istri ia harus belajar memahami kondisi suaminya tersebut. Jika memungkinkan. Bantulah suami keluar dari bayang bayang ekonomi masa lalunya yang buruk . Ajaklah suami sesekali bersenang senang dengan penjelasan bahwa hal tersebut adalah bentuk hadiah untuk dirinya karena telah bekerja keras demi keluarga. Dengan begitu , diharapkan lama kelamaan suami dapat berpikir lebih terbuka.

d. Sifat dasar.

Jika ini yang menjadi penyebab kemungkinan hal tersebut cukup sulit untuk diubah. Kemauan untuk berubah harus datang dari dirinya sendiri. Namun jangan khawatir . Anda harus tetap bersabar dan terus berusaha meyakinkannya bahwa sifat pelit nya adalah hal yang buruk dan harus ditinggalkan. Jika hal tersebut sudah berkaitan dengan kebutuhan pokok. Buatlah perincian harga. Berikan rincian tersebut kepada suami dan mintalah supaya sesekali ia yang mengatur keuangan keluarga. Dengan begitu , suami akan dapat merasakan sulitnya mengatur keuangan.

Nah diatas merupakan faktor penyebab terbesar tentang suami pelit ataupun perhitungan. Setelah memahami kejadian diatas saya juga sudah menerapkan solusi yang terbaik juga dengan cara diatas. Namun jika dirasa kurang maka solusi ampuh cara mengatasi suami pelit adalah sebagai berikut

Cara mengatasi suami pelit

Bahas secara internal

Jika suami anda tergolong orang yang perhitungan soal keuangan. Janganlah terlalu membesar besarkan hal itu. Apalagi sampai menceritakan kepada orang lain. Masalah uang dalam sebuah rumah tangga adalah topik yang sangat sensitif . Bicarakanlah secara internal saja. Hendaknya anda tidak perlu melibatkan orang lain atau membanding bandingkan orang lain karena dapat menyinggung egonya. Berkomunikasi lagi dengan cara yang baik dan cari waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Suami Pelit"

Posting Komentar