Tips Sukses Berlibur Murah Irit Hemat

Tips cara sukses berlibur liburan hemat irit dan murah dengan biaya minim. Liburan adalah salah satu momen yang paling ditunggu sepanjang tahun. Bagaimanakah caranya agar kita bisa membuat anggaran liburan terbaik bagi keluarga.simaklah ulasannya berikut ini.

Setelah bekerja Terus selama beberapa saat kita butuh waktu menyegarkan diri. Baik tubuh maupun pikiran. Proses penyegaran ini bisa dilakukan dengan berlibur. Namun liburan ini tentu membutuhkan biaya. Ada biaya transportasi dan konsumsi. Kalau kita menginap ada pengeluaran tambahan untuk akomodasi. Itu berlibur Rasanya tak lengkap tanpa berbelanja untuk membeli oleh-oleh. Itu berlibur Rasanya tak lengkap tanpa berbelanja untuk membeli oleh-oleh bagai sayur tanpa garam.

Wah dengan ini itu biayanya bisa membengkak. Seberapa banyak uang yang harus kita siapkan ? Lalu Bagaimana caranya supaya nanti tidak lebih besar pasak daripada tiang ,? Nah untuk membantu Anda menyiapkan anggaran liburan. Kali ini kita akan membahas berbagai kiat yang bisa diterapkan.
Ada beberapa jenis liburan yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu liburan
  1. Akhir pekan
  2. Panjang liburan panjang bisa dilakukan di

  • Luar negeri
  • Dalam negeri
Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti pembahasannya Disini

LIBURAN AKHIR PEKAN

Sesuai namanya liburan ini bisa dilakukan setiap akhir minggu. Tetapi karena sifatnya yang teratur kita harus pandai-pandai menyiasatinya supaya tidak terasa membosankan. Untuk liburan ini kita bisa membuat tema tertentu supaya menarik. Kegiatannya tidak perlu yang menghabiskan banyak biaya, terutama jika keuangan kita memang terbatas. Yang penting seru.

Tema ini sangat berguna untuk mengatasi masalah danau yang terbatas itu. Sebagai contoh di akhir minggu ini. Anak laki-laki bisa diajak berjalan-jalan ke bengkel dengan sang ayah. Ya belajar beberapa hal mengenai dunia otomotif. Sementara itu anak perempuan bisa tinggal dengan ibu di rumah dan membuat berbagai macam kudapan. Di minggu berikutnya anak laki-laki gantian membuat kue dengan ibu. Mereka juga harus tahu seluk-beluk dapur. Demikian pula anak perempuan, ya bisa gantian ikut dengan ayah ke bengkel atau tempat cuci mobil.

Kegiatan semacam ini tidak membutuhkan banyak biaya. Selain itu kegiatan akhir pekan juga bisa disesuaikan dengan hobi. Kalau senang berkebun di akhir pekan kita bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor atau Mekarsari. Di Mekarsari terdapat fasilitas outbound untuk anak-anak. Lokasi lokasi wisata yang dipilih untuk berakhir pekan tidak perlu yang terlalu jauh. Beberapa contoh lainnya adalah museum iptek Taman Mini Indonesia Indah untuk belajar tentang ilmu pengetahuan dan museum Bank Indonesia untuk mengenal sejarah uang.

Semua informasi ini dikemas dalam bentuk yang sangat menarik untuk anak dan keluarga. Biaya masuknya sangat murah. Tak sedikitpun museum yang meniadakan biaya masuk alias gratis. Masyarakat perkotaan saat ini cenderung menghabiskan waktu di akhir pekan dengan berjalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan lain. Sebenarnya ini tidak salah. Kemal boleh-boleh saja tetapi jangan terlalu sering karena menghabiskan uang.

Mungkin jumlahnya hanya Rp200.000 sampai Rp300.000.Tetapi kalau dilakukan setiap bulan tahu-tahu yang dikeluarkan sudah 1,2 juta lumayan kan. Salah satu pilihan lain yang ditawarkan dengan mengajak anak ber kegiatan sosial di Panti Asuhan. Jadi si kecil bisa mengenal anak-anak lain yang tidak seberuntung dirinya. Pokoknya kegiatan apapun termasuk yang edukatif sosial dan budget minim bisa jadi menyenangkan ceramah orang tua bisa mengemasnya secara menarik.Masukkanlah dana ini dalam pos yang dinamakan biaya liburan. Apabila tidak habis digunakan simpan sisanya dalam tabungan.

LIBURAN PANJANG

Inilah liburan yang paling ditunggu-tunggu semua orang. Di Indonesia pada umumnya ada dua momen liburan panjang, yaitu di bulan Juni ketika anak libur sekolah dan bulan Desember untuk merayakan pergantian tahun. Lebaran bisa dianggap sebagai liburan juga, tapi umumnya pada saat itu orang-orang lebih sering menghabiskan waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Tempat-tempat wisata pun biasanya penuh sesak. Selain itu ada banyak sekali pengeluaran menjelang dan saat Idul Fitri. Apabila uang kita sudah habis untuk biaya lebaran Jangan memaksakan diri untuk berjalan-jalan lagi.

Jatuhnya masa liburan panjang tiba di pertengahan akhir atau akhir tahun Kebanyakan orang tua mengambil cuti untuk berwisata bersama anak-anak. Durasinya bisa antara 1 hingga 2 minggu. Apabila keuangan memadai kita bisa berwisata di dua kesempatan tersebut yaitu Juni dan Desember. Tetapi jika tidak sebaiknya kita memilih salah satu momen saja. Ini penting dipertimbangkan terutama kalau sang buah hati akan memasuki jenjang pendidikan baru di bulan Juli. Kita tidak bisa menghamburkan uang terlalu banyak saat berlibur di bulan Juni karena harus menyiapkan uang pangkal sekolah.

Secara ideal biaya untuk pengeluaran selama liburan panjang ini didapat dari hasil menabung. Uangnya tentu saja berasal dari pemasukan suami dan istri. Cara terbaik untuk merencanakan pembiayaan wisata adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu perkiraan jumlah pengeluaran selama berlibur. Kemudian menabung sejumlah yang dibutuhkan. Cara ini berguna untuk orang-orang yang belum terbiasa menabung. Tapi kalau sudah terbiasa menabung dan sudah punya simpanan kita bisa langsung menggunakannya sesuai keperluan.
Jika jumlah tabungannya kurang kita hanya perlu menambahkan nya. 

Sebenarnya dibutuhkan waktu selama 6 bulan untuk menyiapkan dana liburan panjang. Menabungnya pun jadi terasa lebih ringan. Line juga bisa dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan ini adalah gaji ke-13 atau bonus Bonus lain. Perlu diingat bahwa biaya perjalanan biasa yang bergantung pada jumlah anggota keluarga yang berpergian. Semakin banyak jumlah orangnya cantik biayanya semakin besar.



Ada dua pilihan lokasi untuk berlibur panjang yakni kok domestik atau dalam negeri dan luar negeri. Berikut ini adalah kiat-kiat Hemat berlibur panjang.

1. Cari dan pesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Harga tiket bisa lebih murah. Kalaupun terpaksa mengubah tanggal biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Cari juga pakai paket murah yang ditawarkan berbagai maskapai.

2. Manfaatkan fasilitas promosi kartu kredit. Mereka biasanya bekerja sama dengan berbagai restoran dan hotel.

3. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi yang dituju. Mulai dari hotel transportasi makanan sampai objek objek wisata cari yang murah tetapi tetap nyaman. Anda bisa menggunakan internet buku atau majalah. Kalau berjiwa petualang cobalah merencanakan sendiri. Rute liburannya menggunakan transportasi lokal yang ada. Ini bisa lebih murah dan menantang. Namun pastikan bahwa hal ini disetujui dan didukung semua anggota keluarga.

4. Minimalkan pengeluaran dengan menginap di tempat saudara atau teman. Tentunya ini di harus dibicarakan jauh-jauh hari sebelumnya jangan mendadak. Pastikan ia tahu bahwa kita datang dengan suami dan anak. Jangan sampai kehadiran kita malah menyusahkannya. Bawalah oleh-oleh dari kota kita sebagai bentuk rasa Terima kasih kepadanya.

5. Pertimbangkan kemungkinan menggunakan jasa Tour. Ini diperlukan apabila jumlah anggota keluarga yang ikut cukup banyak atau kita memiliki anak yang cenderung rewel saat berpergian. Jasa tour membuat wisata lebih praktis dan nyaman apalagi kalau ada anggota keluarga yang berusia lanjut. Tentu dibutuhkan biaya ekstra untuk Tour ini. Tetapi saat ini harga-harganya cukup bersaing. Lakukanlah survei terhadap berbagai penyedia jasa Tour. Manfaatkan momen pameran ketika harga yang ditawarkan cukup miring.

6. Gunakan jasa agen agen perjalanan. Langkah ini jika kita ber jalan-jalan ke negara yang agak jauh dari Indonesia. Agen-agen tersebut biasanya sudah mempunyai perjanjian kerjasama dengan hotel-hotel di negara tujuan. Langkah ini lebih praktis dan bisa menekan biaya. Tapi kalau tujuannya masih di sekitar Asia kita masih bisa merancang perjalanan kita sendiri menggunakan informasi di internet.

7. Cari tahu apa saja yang bisa dibeli di sana dan harganya. Tanyakan juga kepada anak apa yang ia mau dan mulailah menabung. Kita mengajarkan kepada anak bahwa dibutuhkan pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu. Kita mengajarkan kepada anak bahwa dibutuhkan pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu kalau ingin memiliki sesuatu ia harus menabung terlebih dahulu. Anak pun akan bangga terhadap dirinya sendiri karena mampu membeli apa yang ia mau dengan uangnya. Ia pun terbiasa menabung.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Sukses Berlibur Murah Irit Hemat"

Posting Komentar