Tips sukses membuat acara keluarga

Tips cara sukses membuat acara keluarga . Bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia, membuat acara keluarga sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Bahkan banyak acara keluarga yang kemudian menjadi tradisi turun-temurun. Momennya bisa bermacam-macam. Misalnya ulang tahun pernikahan, ulang tahun orang tua, dan lain sebagainya. Banyak tujuan yang ingin dicapai lewat sebuah acara keluarga. Selain sebagai sarana berbagi kegembiraan dan rasa syukur, kegiatan tersebut juga menjadi ajang kumpul kumpul. Namun tanpa persiapan yang baik segala tujuan baik tidak bisa gagal diraih. Agar acara keluarga berjalan lancar dan sesuai harapan, perhatikan hal-hal berikut.
Lokasi.

Sebelum merencanakan lebih jauh lagi tentang membuat acara keluarga, sebaiknya diputuskan terlebih dulu di mana acara keluarga ini akan dilaksanakan. Secara garis besar terdapat dua pilihan lokasi, yaitu indoor(dalam ruangan) dance outdoor (luar ruangan). Selain faktor kecocokan dengan tema, perhatikan juga kondisi cuaca saat itu. Di musim hujan, pilihan paling bijaksana adalah melakukan acara keluarga di dalam ruangan saja. Kalau nekat melakukannya di luar ruang. Bisa-bisa acara bubar sebelum waktunya. Salah satu contoh pemanfaatan ruangan yang dapat anda optimalkan dalam rumah adalah garasi. Garasi rumah dapat disulap menjadi ruangan untuk acara keluarga yang meriah. Jika tidak ingin pusing atau report, memesan tempat di restoran favorit bisa jadi salah satu alternatif. Untuk acara keluarga di luar ruang, manfaatkan halaman sebagai tempat berkumpul. Jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa menyewa restoran atau tempat rekreasi yang bisa memfasilitasi acara-acara luar ruang. Selain lebih fresh, tamu-tamu kecil anda dapat lebih leluasa berlari-lari tanpa harus takut mereka beradu dengan meja hidangan.

acara keluarga

Cara sukses membuat acara keluarga

Tujuan

Salah satu tujuan mengadakan sebuah acara keluarga pasti untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar keluarga. Pada saat seperti inilah biasanya anda dan keluarga bisa saling berbagi cerita mengenai kegiatan sehari-hari atau mengetahui perkembangan berita seputar kerabat keluarga lain yang tidak hadir saat acara keluarga ini. Biasanya masing-masing keluarga sudah mempunyai maksud dalam menyelenggarakan sebuah acara keluarga ini. Ada yang sifatnya rutin ada juga yang sifatnya hanya di waktu-waktu khusus. Acara keluarga rooting contohnya arisan dan ulang tahun. Sedangkan yang sifatnya sewaktu-waktu, antara lain menyambut kedatangan anggota keluarga dari luar negeri dan acara keagamaan, seperti pengajian. Sesuaikanlah semua rangkaian acara dengan tujuan ini.

Makanan dan minuman

Saat membuat acara keluarga, perhatikanlah jumlah makanan dan minuman yang tersedia. Sesuaikan dengan banyaknya undangan. Jangan sampai ada yang tidak mendapat konsumsi. Menu makanan dan minuman dapat anda kreasikan seunik mungkin. Unik bukan berarti harus mewah, lo. Sebaiknya siapkan juga menu untuk tamu kecil. Misalnya, yang tidak pedas dan lembut atau berkuah. Jangan sampai anak-anak tidak dapat menikmati acara keluarga hanya karena urusan makanan. Sering juga terjadi, tamu yang diundang membawa buah tangan. Ada baiknya, makanan atau minuman yang dibawakan itu disajikan bersama hidangan yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan begitu, seluruh keluarga juga dapat ikut menikmati.

Undangan

Ini poin yang sangat penting. Pastikan semua tamu yang memang perlu hadir sudah diundang. Jangan sampai ada yang kecewa atau tersinggung karena merasa tidak diajak datang. Untuk menghadiri ada yang terlupa, buatlah daftar tamu terlebih dulu. Yang perlu diingat juga, meski ini acara keluarga yang bersifat tidak formal, jangan mengundang secara mendadak. Di era serba modern dan serba cepat seperti sekarang ini, undangan tidak harus berbentuk kartu atau surat. Pemberitahuan melalui telepon atau SMS yang sudah cukup. Bahkan, Kita juga bisa memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, untuk mengundang anggota anggota keluarga.

Dokumentasi

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat berkumpul bersama keluarga adalah foto-foto. Apalagi jika ada tamu yang datang dari luar kota dan jarang ikut berkumpul. Foto akan menjadi dokumentasi, sekaligus pengobat Rindu. Untuk mengabadikan momen-momen di acara keluarga ini, kita bisa memanggil jasa profesional. Tapi tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Jika memang budget terbatas, tak perlu memaksakan diri. Karyawan saja anggota anggota keluarga yang ada. Yang penting pastikan momen-momen Indah terekam semua. Jika memang yang mengambil foto bukan bagian dari keluarga, sebaiknya beri arahan momen-momen Apa yang perlu diambil. Kalau ada keinginan kusut, misalnya ingin foto lebih difokuskan pada tamu tertentu, sampaikan juga ke fotografer bersangkutan.

Acara menarik

Untuk memeriahkan suasana, siapkan acara-acara yang menarik, misalnya permainan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Anda juga bisa memberikan tugas kepada saudara yang lebih mudah atau yang masih remaja untuk memikirkan kegiatan-kegiatan kreatif tersebut. Selain untuk memeriahkan suasana dan mempererat tali persaudaraan, tanggung jawab itu juga bisa mengasah kreativitas anggota keluarga yang masih belia.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips sukses membuat acara keluarga"