Pengertian Fungsi Manfaat Serta Kegunaan Email

Pengertian Fungsi Manfaat Serta Kegunaan Email Pengertian fungsi manfaat serta kegunaan email bagi mahasiswa ataupun bagi kita. Halo sobat kali ini admin akan membahas atau membagikan sedikit informasi penting mengenai apa itu email ? Apa fungsi email ? Apa sebenarnya manfaat dan kegunaan email ? Jangan sampai kita tidak mengetahui pengertian dari email padahal hampir setiap hari kita menggunakannya. Lalu apakah kegunaan email tersebut ? Silahkan simak ulasannya berikut ini :



Pengertian dan penjelasan email

E-mail merupakan singkatan dari (electronik mail) yang berarti surat elektronik. Surat elektronik atau yang biasa disebut pos elektronik merupakan sarana kirim mengirim pesan atau surat melalui jalur jaringan komputer (internet). Jika surat biasa pada umumnya saat proses pengiriman anda hanya akan dikenakan biaya untuk membeli perangko atau biaya lain. Sedangkan pada elektronik mail ini proses pengiriman hanya akan dikenakan biaya pada sambungan internet saja.

Sejak terbentuknya surat elektronik ini sebagai media mengirim dan menerima pesan. Perusahaan pos negara sekarang pun mulai sepi dan jasanya juga sekarang jarang digunakan oleh masyarakat umum. Dikarenakan kemudahan yang ditawarkan pada surel elektronik ini.

Jika seseorang menggunakan sebuah ISP ( Internet service provider) atau sambungan internet. Secara tidak langsung mereka sudah diberikan masing masing satu surat elektronik free alias tidak bayar.  Dengan kata lain para penyedia ISP sendiri sudah memfasilitasi server surat elektronik. Jadi pada saat si user atau pengguna ISP ingin mengirim email secara otomatis akan disimpan melalui mail server milik ISP.

Adapun untuk mengakses sebuah surat elektronik tersebut kita bisa menggunakan browser. Lalu kita mengetikan alamat tujuan kotak surat email. Seperti yahoo mail, gmail, yandexmail, hotmail, dan penyedia kotak surat lainnya. Metode inilah yang sering disebut web-based. Dimana kita menggunakan browser sebagai media perantara atau penghubung ke kotak surat elektronik.

Fungsi Kegunaan serta manfaat email.

Berbicara mengenai fungsi kegunaan serta manfaat email. Email sendiri memiliki manfaat kegunaan serta fungsi yang bisa dibilang untuk setiap orang berbeda ( tidak sama )

Jika anda mengenal internet tentu anda harus tau apa fungsi serta kegunaan email. Didalam dunia internet tidak terlepas dari yang namanya email. Setiap sesuatu atau memulai sebuah langkah diinternet anda harus terlebih dahulu dituntut untuk memiliki akun email.

Dibawah ini akan saya beberkan mengenai fungsi manfaat serta kegunaan email :

1. Sebagai tanda pengenal ( alamat )

Email pada dunia maya, mirip seperti identitas diri. Pada saat kita membuat satu akun email. Disana akan terdapat form seperti nama lengkap. Alamat tempat tinggal. negara .jenis kelamin serta contact hp. Didunia nyata data diri kita lengkap tertulis di ktp. Nah pada email .Dengan mengisi data diri yang lengkap barulah email dapat dibuat. Meski sebenarnya data data pembuatan email bisa dimanipulasi dengan data diri yang tidak sebenarnya. Namun inti dari pembuatan email yang dimaskud adalah sebagai tanda pengenal saja.

2.  Sebagai tiket untuk registrasi akun

Pernahkah didalam suatu kasus ingin sekali mengunduh file ataupun bergabung disuatu forum ? Ya tentu saja untuk mendapati semua hal tersebut. Pertama tama hal yang harus dilakukan adalah registrasi pada forum tersebut dan membuat sebuah akun. Untuk pembuatan akun hal pertama yang diminta adalah memasukan akun email sebagai wadah registrasinya. Kemudian beberapa website meminta untuk memverifikasikan link yang telah dikirim lewat email tersebut. Hal ini bertujuan agar mereka tau bahwa email yang telah diinput kedalam proses pendaftaran valid atau sah.

3. Sebagai media penyimpanan file dan dokumen.

Dahulu email sendiri digunakan hanya untuk mengirim dan menerima pesan. Namun seiring berjalannya waktu email pun kerap dijadikan sebagai media penyimpanan file. Karna biasanya para penyedia kotak server mail. Telah melengkapi peralatan seperti mengirim file gambar. Dokumen maupun teks. Selain itu kita juga dapat menyimpan file yang kita inginkan didalam kotak surat tersebut.

4. Sebagai wadah mengirim dan menerima pesan.

Sesuai fungsi utama dari email adalah mengirim dan menerima pesan. Jika dulu kita hanya bisa mengirim pesan berbentuk tulisan. Namun dengan email anda bisa mengirim pesan dalam bentuk file gambar. File video. File suara serta file file lainnya.melihat Kecanggihan email dalam mengirim dan menerima pesan membuat para perusahaan pos diberbagai negara menurun drastis penghasilanya.

Nah dari keempat point diatas dapat kita simpulkan bahwa email merupakan satu satunya media pengiriman pesan yang sangat baik sekali. Kecanggihan yang ada pada email. Mampu mengalahkan segala macam bentuk pengiriman pesan secara offline. Selain itu dalam mengirim pesan biaya nya sangat murah sekali. Hanya dengan bermodalkan internet saja. Kita sudah bisa mengirim email.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian penjelasan fungsi manfaat serta kegunaan email. Semoga apa yang telah diterangkan diatas. Dapatlah kiranya anda pahami. Sekian dan terima kasih :D

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Fungsi Manfaat Serta Kegunaan Email"

Posting Komentar