6 Cara Agar Anak Sukses Menabung

Cara mengajarkan mendidik dan melatih anak agar bisa sukses menabung. Anak-anak biasanya sulit menabung. Sebagai orang tua pastinya anda ingin sekali memiliki anak yan suka menabung. namun semua hal itu tidak akan bisa dilakukan jika orang tua tidak memberikan didikan yang disiplin dalam hal menabung. Agar anak bisa menabung sesuai harapan paling tidak ada 6 hal yang harus diperhatikan lalu apa sajakah hal tersebut mari simak ulasannya berikut ini

cara agar anak sukses menabung



1 rancanglah untuk menabung

pertama tama mungkin anda bisa mengajarkannya menabung lewat celengan. atau tempat tempat yang bisa untuk menjadi tabungan. naun dijaman yang serba modern ini kita sudah bisa menabung lewat bank. Rangsang anak untuk menabung dengan membukakan tabungan di bank atas namanya. Pilihlah bank yang mudah dijangkau dari rumah atau dari sekolah/tempat les nya sehingga tak ada alasan baginya untuk malas pergi ke bank. Sehingga tak ada alasan baginya untuk malas pergi ke bank.

2 pilihkan bank yang memberikan buku tabungan.

Pilihkan bank yang memberikan buku tabungan bukan laporan bulanan. Sehingga anak dapat melihat kronologi penyetoran dan penarikan yang terjadi.ini sangat penting anak juga perlu melihat semua aktifitas transaksi yang terjadi padanya sekecil apapun.

3 jangan langsung membuatkan kartu ATM untuk anak.

Jangan langsung membuatkan kartu ATM untuk anak sebab kartu ATM membuat anak mudah mengambil uang tabungan sehingga paket jumlah tabungan sering tidak tercapai bahkan tabungan sering terkuras. Untuk anak kecil ia belum perlu dan belum siap menggunakan kartu ATM. Dia perlu belajar mengetahui dan memahami cara penggunaan uang dengan baik memakai cara manual sebelum beralih ke sistem elektronik.

Namun untuk anak remaja setelah dirasa dia mampu dan memahami cara penggunaan uang dengan baik ya harus diperkenalkan keunggulan kartu ATM. Bagi anak remaja karena jumlah uang saku dan kebutuhan lainnya sangat besar makan lebih baik bila Ia memiliki kartu ATM dibandingkan membawa uang dalam jumlah besar yang penuh resiko.

4 jadikan menabung sebagai kegiatan rutin.

Setiap anak menerima uang saku ajarkan ia untuk segera menabung sebagian dari uang sakunya. Agar lebih termotivasi ajaklah Iya membayangkan barang yang diinginkan yang mungkin dapat memiliki hanya dengan menabung misalnya sepatu roda handphone dan lain-lain.

5 Gambarkan sejumlah uang untuk ditabung.

Gambarkan sejumlah uang untuk ditabung bukan sejumlah uang saku yang berlebih. Banyak yang beranggapan bahwa tabungan hanya dapat bertambah bila ada uang yang berlebih atau tersisa. Mulai saat ini rubahlah tradisi seperti itu. Ajarkan anak bahwa uang yang akan ditampung harus dianggarkan sebelumnya sehingga uang sisa dari yang ditabung lah yang dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

6 jadikan menabung sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Bila anda memiliki waktu luang usahakan Anda bisa mengantar anak ke bank untuk menabung. Gunakan waktu sepanjang perjalanan bergurau dan membicarakan hal-hal yang menyenangkan bersamanya. Memilih bank yang aman dan nyaman serta jam kunjungan yang tidak ramai membantu menjadikan menabung sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Cara Agar Anak Sukses Menabung"

Posting Komentar