13 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Menjadi Global Go International

Cara agar bisnis menjadi go internasional, langkah untuk bisnis menembus pasar internasional.Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Menjadi Global Go International. Sebagai pebisnis kita tentu Ingin usaha kita semakin maju malah kalau bisa juga menembus pasar internasional. Apa saja yang harus disiapkan supaya bisnis kita dapat diterima secara global? Simak tipsnya.

1) sadari bahwa meningkatkan bisnis skala global itu penting.

Ini adalah langkah pertama yang harus kita lakukan. Jangan jadikan alasan Saya tidak tahu caranya atau pasar internasional itu tidak penting sebagai penghambat pengembangan bisnis. Sekarang hampir seluruh bagian di dunia sudah terhubung lewat internet. Apapun bisa kita pesan dari rumah menggunakan komputer. Jadi ini adalah peluang yang harus dimanfaatkan.



2) bercerminlah Pada perjalanan bisnis sejak awal hingga sekarang.

Apa saja pencapaian-pencapaian kita selama ini? Bagaimana dengan hambatan yang dihadapi dan apa jalan keluarnya? Kesuksesan yang kita miliki saat ini tentu saja berakar pada kerja keras. Nah semua kelebihan dan kekurangan itu mesti jadi cerminan pengembangan usaha kelak.

3) buat rencana yang jelas buat rencana yang jelas.

Menjalankan bisnis bagaikan sebuah wisata. Kita harus memiliki peta dari titik awal perjalanan hingga titik akhir. Ditengah-tengah itu kita harus sudah menentukan apa-apa saja yang akan dilakukan. Demikian pula dengan bisnis. Kita harus memiliki semacam peta perjalanan yang berfungsi sebagai rencana usaha. Apa yang ingin dicapai di tahun pertama kedua dan seterusnya? Bagaimana kita mewujudkan tujuan tujuan? Dengan rencana pekerjaan kita akan berjalan dengan lebih torganisasi batas antara bisnis dan rumah tangga pun menjadi jelas.

4) pastikan kita memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung perluasan bisnis secara global.

Bisa menembus pasar internasional memang kelihatannya sangat menggiurkan tapi jangan terburu-buru. Dibutuhkan waktu usaha tenaga dan modal untuk dapat sukses melakukan pengembangan dari pasar domestik ke pasar internasional.

5) kembangkan Dan perbaiki kualitas tenaga kerja.

Kebanyakan dari kita sadar bahwa tenaga kerja yang baik akan menyukseskan bisnis Bukan sebaliknya. Tetapi sayangnya tidak semua karyawan tahu cara membawa perusahaan go internasional. Ajaklah semua pegawai untuk ikut serta dalam babak baru ini. Pastikan mereka memiliki pengetahuan yang memadai dan semangat untuk bekerja sama. Anda bisa membuat semacam buku panduan singkat untuk mereka mengikutsertakan karyawan dalam kursus-kursus dan sebagainya. Apabila diperlukan kembangkan tenaga kerja dengan mempekerjakan pegawai baru. Jadikan hal-hal seperti berikut ini sebagai acuan rekrutmen: semangat kerja kegigihan ketertarikan pada dunia internasional kemampuan berbahasa asing serta kesukaan pada masalah kebudayaan.

6) Pilih satu pasar internasional yang hendak dibidik.

Layanan konsultasi waralaba sebaiknya kita membidik satu target pasar saja di awal. Jangan banyak target pasar sekaligus. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan Jika anda ingin go internasional. Misalnya perbedaan waktu bahasa hukum yang berlaku pesan dan lain-lain. Jadi pilih satu pasar saja dan berfokuslah hanya di situ. Apabila sudah sukses baru Anda bisa melirik pasar lain.

7) Pilih satu jenis produk atau jasa yang akan dikembangkan. 

Sama seperti point sebelumnya pilihan ini diperlukan agar kita bisa berfokus menjalankan usaha. Menguasai satu bidang dengan mendalam akan lebih baik dibanding mencoba menguasai banyak bidang tapi hanya setengah setengah. Kalau bingung menentukan Pilih Saja produk atau jasa yang penjualannya paling melejit di Indonesia.

8) Tentukan struktur usaha yang akan dijalankan di luar negeri.

Apakah Bentuknya sama dengan yang sudah ada di Indonesia? Atau Anda hendak menjual sistem Anda kepada pengusaha lain (waralaba) atau ada bentuk lain yang ingin anda kembangkan? Pertimbangkanlah aspek positif dan negatif setiap pilihan struktur usaha. Sebaiknya struktur usaha ini sudah mantap sebelum anda meluncurkan usaha. Jangan berganti-ganti. Bisa-bisa Anda dianggap pengusaha plin-plan.

9) telaah latar belakang calon Mitra. 

Diajak bekerjasama oleh pihak asing bisa jadi hal yang membanggakan bagi usaha kita tetapi kita harus tetap berhati-hati. Jangan sampai tawaran kerjasama ini malah membuat kita terlena. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang calon Mitra tersebut. Anda bisa mendapatkan bantuan informasi dari Kementerian atau Dinas Perdagangan setempat atau bisa juga dari kenalan yang berdomisili di negara itu. Kalau memungkinkan sempatkan mengunjungi kantor calon Mitra untuk melihat langsung kinerja mereka. Kalau memungkinkan sempatkan mengunjungi kantor calon Mitra untuk melihat langsung kinerja mereka.

10.) Beradaptasi. 

Jika kita ingin bisnis diterima dengan baik di pasar internasional besar kemungkinan kita harus membuat beberapa perubahan terhadap modal usaha. Buatlah model contoh atau tiruannya dan kemudian perkirakan perubahan apa saja yang harus dibuat. Sebagai contoh nama usaha yang sebelumnya sambal setan dapat diubah menjadi Crazy Chili. Budaya lokal menjadi salah satu aspek yang harus diperhitungkan.

11) memaksimalkan penggunaan internet dan media sosial. 

Memaksimalkan penggunaan internet dan media sosial inilah salah satu kunci kesuksesan bisnis saat ini. Dengan internet dan media sosial calon pelanggan akan bisa secara mudah berinteraksi dengan kita memesan produk atau jasa memberikan masukan dan lainnya. Jadi Buatlah situs usaha yang profesional memiliki blog serta ciptakan akun Facebook dan Twitter. Rajin-rajinlah berpromosi supaya bisnis kita semakin cepat dikenal orang-orang tetapi ingat ikuti etika yang berlaku. Situs atau blog kita haruslah terlihat menarik dan mudah digunakan. Cantumkan detail kontak kita yang jelas di tempat yang mudah dilihat. Semua informasi yang tertera sebaiknya juga dibuat dalam bahasa Inggris.

12) memiliki sistem pembayaran yang efektif efisien dan aman. 

Salah satu hal penting yang harus dipikirkan ketika bertransaksi adalah soal pembayaran. Bagaimana Mitra klien atau pelanggan akan membayar produk atau jasa kita? Lewat kartu kredit transfer bank cek atau yang lainnya. Berkonsultasilah dengan pihak bank di mana kita menjadi nasabah untuk menentukan metode yang paling baik dan paling kecil risikonya. Pembayaran harus sudah diterima sebelum kita mengirimkan barang.

13) pertahankan dan bahkan tingkatkan kualitas produk atau jasa. 

Menembus pasar internasional berarti anda lebih maju dibanding pengusaha-pengusaha lain. Kelebihan ini Tentunya juga harus terletak pada kualitas barang atau jasa yang ditawarkan. Melakukan kontrol kualitas yang ketat. Kepuasan pelanggan haruslah menjadi pertimbangan utama. Selain itu karena sudah berani terjun secara global Anda harus memastikan bahwa pasokan barang harus selalu memenuhi permintaan pelanggan.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "13 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Menjadi Global Go International"

Posting Komentar