Kiat Sukses Dalam Mendelegasikan Tugas

Cara Kiat Sukses Dalam Mendelegasikan Tugas Pada prinsipnya setiap individu tidak bisa bekerja sendiri. Karena itu pendelegasian tugas sangatlah penting. Bagaimana cara mendelegasikan pekerjaan dengan baik? Berikut tips dan triknya.

Secara singkat demokrasi berarti pelimpahan tugas dari seseorang kepada orang lain yang dianggap kompetens. Biasanya pendelegasian ini dilakukan karena ada alasan yang membuat seseorang tidak dapat melakukan kewajibannya tersebut. Pendelegasian tugas memang banyak ditemui di dunia kerja tapi bukan berarti tidak ada di aspek kehidupan yang lain. Seorang ibu rumah tangga pun sering mendelegasi kan tugas-tugas pada asisten rumah tangga atau anggota keluarga yang lain. Jadi bisa dikatakan delegasi merupakan bagian dari hidup kita sehari-hari karena itu sangat penting untuk mengetahui cara mendeteksi Kan tugas dengan baik.



Mengapa harus didelegasikan. Pendelegasian tugas merupakan bagian penting dalam pekerjaan. Setiap hari banyak tugas rutin yang harus di lakukan. Tidak mungkin semua dilakukan sendiri. Belum lagi kalau suatu saat tidak dapat ke kantor Karena kesehatan terganggu. Pada saat seperti ini harus sesegera mungkin mendelegasikan tugas tugas ke beberapa rekan kerja agar kegiatan kantor berjalan sesuai standar yang berlaku. Ada banyak Faktor atau alasan yang mengharuskan kita pada akhirnya harus mendelegasikan tugas tugas pada orang lain. Akan tetapi dalam mendelegasikan tugas banyak aspek yang perlu dipertimbangkan agar tugas yang didelegasikan bisa dilaksanakan dengan baik.

Prinsip utama

Setiap orang pasti tidak ingin jika pendelegasian tugas justru nantinya merepotkan dan mengecewakan karena tugas yang dikerjakan penerima delegasi Tidak sesuai harapan. Agar pendelegasian tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran ada beberapa prinsip utama yang harus diketahui antara lain:

1 jujur pada diri sendiri
Sadarilah bahwa pekerjaan ini memang membutuhkan bantuan dari rekan-rekan lainnya. Jika dipaksakan untuk dilakukan sendiri hasilnya malah tidak maksimal.

2 bukan berarti tidak mampu
Anda tidak usah merasa gengsi untuk mendelegasikan sebagian pekerjaan. Pembagian tugas diperlukan untuk memaksimalkan hasil tapi ini bukan berarti kompetensi anda meragukan.

3 tujuan yang jelas
Informasikan dengan jelas tujuan daripada pendelegasian ini. Rekan atau orang yang didelegasikan berhak mengetahui tujuan dari tugas tersebut agar bisa melaksanakannya dengan baik.

4 petunjuk yang jelas
Tidak ada salahnya jika anda memberi petunjuk terlebih dahulu Bagaimana mengerjakan tugas yang didelegasikan tersebut apalagi jika yang diberi tanggung jawab belum pernah mengerjakan tugas tersebut.

5 semangat
Terkadang ada rekan yang kurang percaya diri mampu untuk mengerjakan tugas yang anda limpahkan. Tugas adalah untuk memberikan dukungan pada mereka. Yakinkan mereka pasti mampu melakukan pekerjaan ini.

6 sesuai kemampuan
Sebaiknya berikan pendelegasian sesuai dengan kemampuan yang ada pada seseorang. Jika tugas yang diberikan diluar kemampuannya proses kerja bisa terhambat dan hasilnya belum tentu maksimal.

7 penghargaan
Sekadar ucapan terima kasih pada rekan yang membantu sudah merupakan sebuah penghargaan. Rekan kerja Anda pasti akan senang tentunya ungkapan ini harus diucapkan dengan sungguh-sungguh.

Perlu kontrol

Meski sudah mendelegasikan tugas pada orang lain kita tetap mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi atau mengontrol pekerjaan tersebut. Perhatikan Apakah hasil pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan yang dibayangkan. Bagaimanapun pekerjaan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab kita. Seandainya hasil akhir tidak sesuai dengan harapan sebaiknya jangan langsung menegur orang yang anda delegasi kan. Hargai dulu usahanya dengan mengucapkan terima kasih. Setelah itu barulah koreksi dan beri masukan pujian dan rasa empati yang ditunjukkan pasti akan membuat rekan kerja menjadi lebih respek terhadap anda.

Setiap mendownload kasihkan tugas saya pasti melakukan cek dan Ricek terhadap rekan kerja yang bersangkutan Apakah hasilnya sudah sesuai dengan yang saya harapkan. Yang selalu melengkapi pendelegasian nya dengan setumpuk dokumen penting sebagai penunjang pekerjaan. Dengan memahami hal-hal yang diperlukan pendelegasian tugas pasti bisa berjalan dengan lebih baik. Hasilnya pun akan maksimal.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kiat Sukses Dalam Mendelegasikan Tugas"

Posting Komentar