Problema Anak, Anak Sering Kali Berkeringat

Telapak tangan dan kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan dan seringkali dipicu oleh keadaan emosi atau suhu yang relatif tinggi. Seringkali juga terjadi pada telapak tangan telapak kaki dan ketiak.

Seringkali juga terjadi pada telapak tangan telapak kaki dan ketiak kondisi ini biasanya diturunkan secara temurun di dalam keluarga. Keringat yang banyak dapat disebabkan karena metabolisme tubuh lebih tinggi daripada orang pada umumnya atau juga akibat kelenjar keringat yang memang banyak. Sesungguhnya banyak berkeringat itu sendiri merupakan pertanda kondisi kesehatan yang baik. Artinya di satu sisi kelenjar keringat berfungsi dengan sempurna. Diketahui proses pengeluaran keringat merupakan tahapan sekresi atau pembuangan sisa sisa garam serta racun dari dalam tubuh keluar.



Dengan keluarnya keringat berarti racun dan sisa-sisa garam tersebut ikut menguap. Selain itu keringat juga berfungsi menurunkan panas tubuh sehingga suhu di permukaan kulit dapat senantiasa berzakat pada tingkatan yang normal. Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia memang membuat tubuh mudah sekali berkeringat

Meski Anda bisa banyak berada di dalam rumah pun kelembaban udara yang cukup tinggi dan udara panas Batam membuat tubuh anda berkeringat. Jadi mekanismenya tubuh yang menyimpan panas membutuhkan Penguapan yang berujung pada keluarnya keringat jadi. Keringat juga keluar ketika tubuh memproses makanan yang dikonsumsi menjadi protein.

Inilah yang akan digunakan tubuh sebagai pasokan energi untuk dapat beraktivitas. Karena Proses mengubah makanan menjadi protein membutuhkan kalori maka terjadi peningkatan panas dalam tubuh yang kemudian dibuang dalam bentuk keringat. Proses metabolisme inilah yang membuat anak yang sedang diam atau tidur pun tetap berkeringat. Sementara sisa-sisa metabolisme (sekresi) akan dikeluarkan lewat air seni. Sekali lagi tubuh berkeringat banyak adalah pertanda kondisi kesehatan yang baik. Si kecil berkeringat berarti hal yang normal. Kecuali pada suhu udara yang sangat dingin tubuh akan menahan pengeluaran keringat untuk menjaga suhu badan agar tetap hangat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Problema Anak, Anak Sering Kali Berkeringat"

Posting Komentar