15 Tips Aman Berjalan-Jalan Dengan Anak Di Mall

Tips Aman Berjalan-Jalan Dengan Anak Di Mall. Jalan-jalan ke mall pasti menyenangkan ya. Tetapi tetap perlu waspada karena banyak ancaman-ancaman yang bisa membahayakan si kecil. Misalnya eskalator atau pajangan toko. Pastikan buah hati tetap aman selama timbul dengan membaca tips-tips ini.

Tips Aman Berjalan-Jalan Dengan Anak Di Mall

1 jaga anak supaya selalu berada di sisi kita Selamat berbelanja. Lalu tekan kan kepada anak untuk tidak pernah bepergian sendiri tanpa orang tuanya. Kalau orang tua sedang mengerjakan sesuatu yang harus tetap berada dekat dekat. Mungkin akan lebih sulit melakukan pengawasan apabila membawa lebih dari satu anak. Jadi ketika memasuki tempat baru katakan jangan jauh-jauh atau jangan sampai lewat dari meja ini. Sebelum pergi Pastikan semua anak sudah berkumpul.



2 jangan izinkan anak bermain-main dengan atau di seputar manekin atau pajangan lainnya yang terlihat tidak stabil atau tidak aman. Pasangan ini yang biasanya berukuran besar bisa jatuh dan menimpa dirinya.

3 pegang erat tangan anak selama di eskalator. Beri panduan jelas kepadanya untuk berdiri tegak dan menghadap ke depan. Pastikan jari-jari pakaian atau sepatu anak tidak berada dekat dengan bagian-bagian yang bisa menyangkut. Ada banyak anak yang mengalami cedera karena terjatuh atau tersangkut di eskalator.

4 untuk mengantisipasi kejadian anak terpisah lakukan hal hal ini:
Ajarkan anak untuk menghafal Nama lengkapnya nama orang tua nomor telepon rumah dan alamat rumah. Katakan kepada anak bahwa jika terpisah iya harus segera mencari satpam atau penjaga toko. Sesudah itu dia bisa memberitahukan informasi-informasi tadi.

Perkenalkan Seperti apa sosok satpam atau penjaga toko. Tidak bisa mengatakan yang bajunya seperti itu loh Nah sambil menunjuk seorang satpam. Dengan demikian ia tahu kepada siapa harus mencari pertolongan.

Kalau anak masih terlalu muda untuk bisa menghafal informasi-informasi itu Buatlah semacam kartu identitas untuknya. Tulisannya harus cukup tebal dan besar untuk dibaca. Sesudah itu lapisi kartu dengan plastik laminasi dan masukkan dalam kantong pakaiannya sebelum bepergian.

Penting juga mengajarkan kepada anak untuk Tidak sembarangan mau diajak bicara atau pergi oleh orang asing Kecuali Dia memang membutuhkan bantuan dari sosok satpam atau penjaga toko tadi.
Tekan kan kepada anak untuk tetap diam ditempat Jika ia terpisah dan tidak bisa menemukan satpam atau penjaga toko untuk membantunya. Kemungkinan anak ditemukan lebih besar dengan cara ini daripada Kalau iya terus bergerak kesana kesini. Jelaskan kepada anak bahwa apabila ia terpisah orang tua akan segera mencarinya sehingga sebaiknya Ia memang tetap diam disaltu tempat saja. Lebih baik ia saja yang dicari orang tua daripada mencari orang tua.

Selalu hafalkan apa yang dipakai anak pada hari itu. Pakaiannya sepatunya atasnya aksesorisnya dan lain-lain. Ini berguna untuk memudahkan pencarian. Kalau akan bepergian ke tempat ramai Anda bisa memakaikan baju dengan warna-warna terang pada anak sehingga ia terlihat mencolok.

5 ketika berada dalam lift berdiri lah di belakang anak dan tetap pegang tangannya. Katakan kepadanya untuk tidak menyentuh atau bersandar pada pintu lift atau dinding lift yang terbuat dari kaca. Saat hendak melangkah keluar perhatikan lantai Lift nya. Apakah sudah sejajar dengan lantai Mall? Jangan sampai anak tersandung atau sepatunya tersangkut di sela-sela lantai lift dan lantai Mall.

6 bawa beberapa mainan kesukaan anak saat berkunjung ke mall. Ini akan membuat dapat sibuk selama anda berbelanja dan mencegahnya berkelana sendirian kemana-mana.

7 selalu temani anak jika ingin ke WC. Apabila ada barangnya yang tertinggal di mobil dampingi anak ke tempat parkir untuk mengambilnya. Jangan pernah biarkan sang buah hati pergi sendirian.

8 apabila memungkinkan ajak satu orang dewasa lagi untuk ikut berbelanja. Jadi salah satu dari Anda bisa tetap mengawasi anak.

9 jangan izinkan anak untuk berusaha mengambil atau menjangkau benda apapun yang terletak tinggi di atas kepalanya. Salah salah benda itu bisa jatuh dan melukai dirinya.

10 berhati-hatilah saat Hendak membawa kereta bayi di eskalator. Hanya dua roda kereta yang muat di anak tangga eskalator. Jika tiba-tiba ada orang yang mendorong anda anda bisa dengan mudah melepaskan pegangan tangan anda dari kereta. Ajaklah satu orang dewasa lagi untuk membantu memegang kereta selama di mall. Anak harus dikeluarkan dari kereta dan digendong sebelum Anda menggunakan eskalator. Jika menggunakan eskalator untuk naik berdirilah di depan kereta. Sebaliknya saat turun berdirilah di belakang kereta. Cara ini berguna untuk mencegah Anda terluka dalam kecelakaan apabila kereta terlepas dan meluncur ke bawah.

11 selalu awasi anak. Kalaupun anak tidak betah dan ingin bergerak sedikit perhatikanlah Iya setiap waktu. Jangan sampai dia menghilang dari pandangan anda. Setiap kali mendekati benda yang Kelihatannya tidak aman segera Panggil ia kembali.

12 hindari pagar (railing) di mall. Jika sedang berhenti atau menunggu jangan sampai anak bermain-main atau bersandar pada pagar tersebut. Besi atau kaca pembatas gak mungkin terlihat kokoh tapi bisa saja sebenarnya rapuh.

13 pilih pakaian yang simple. Ini berguna terutama jika anda membawa anak ke tempat bermain di mall. Hindari mengenakan pakaian dengan tali tudung kepala sabuk atau aksesori lain yang bisa membuat anak tersangkut atau terkandung.

14 kenakan sepatu dengan sol karet. Jual karet membuat anak tidak mudah terpeleset saat berjalan di lantai licin. Lebih baik anak memakai sepatu daripada sendal karena sendal bisa mudah terlepas.

15 kalau anak ingin bermain pilih permainan yang sesuai dengan kelompok usianya. Jangan biarkan anak memainkan alat alat yang diperuntukkan bagi anak yang usianya lebih tua. Di lain pihak sebaiknya anak kita juga tidak memainkan alat alat untuk anak kecil. Misalnya mobil-mobilan. Iya bisa terjepit di dalam atau mobil itu hancur karena tidak kuat menahan berat tubuhnya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "15 Tips Aman Berjalan-Jalan Dengan Anak Di Mall"

Posting Komentar