Kenali Sifat Dan Jenis Kulit Anda

Kenali sifat dan jenis kulit anda. Pengenalan ini penting untuk memudahkan pemilihan kosmetika yang tepat. Secara umum kulit wajah dapat digolongkan kedalam 5 jenis dengan ciri-cirinya yang spesifik. Termasuk jenis mana kulit Anda bagaimana cara perawatannya?

Kulit normal

Kulit normal nampak halus dengan pori-pori yang wajar tidak terlalu berminyak juga tidak terlalu kering. Kadang-kadang pada daerah T atau t Zone(daerah hidung dan dahi) lebih berminyak. Kulit jenis normal jarang berjerawat atau berkomedo kecuali menjelang haid. Kulit normal juga tak mudah teriritasi bahan bahan kosmetika atau bahan kimia lainnya. Untuk menjaga keseimbangan kandungan bahan alami pada kulit Rawat kulit secara teratur. Karena kulit normal ponakan menjadi tidak normal jika tidak terawat dengan baik.



Gunakan susu pembersih atau sabun cair khusus untuk wajah pada perawatan sehari-hari. Gunakan pagi hari sebelum mandi dan malam hari sebelum tidur. Lanjutkan dengan tonic penyegar yang Sekaligus berfungsi mengangkat sisa-sisa pembersih. Untuk melindungi kulit agar tetap lembab oleskan pelembab tipis-tipis. Setelah itu baru gunakan riasan anda. Kulit di daerah sekitar mata paling sedikit mengandung minyak sehingga kulit di daerah itu lebih tinggi dibanding kulit wajah bagian lainnya. Pada wanita berusia tiga puluhan plus seringkali kerutan kerutan halus sudah mulai nampak di sekitar mata. Setiap malam sebelum tidur bersihkan kulit wajah hingga leher dari sisa-sisa kosmetika dan debu yang menempel.

Oleskan krim malam dan krim mata tipis tipis pada kulit sekitar mata. Pada kulit normal perawatan secara mendalam atau facial cukup dilakukan dua atau tiga minggu sekali. Bisa juga menggunakan bubuk peeling jenis operasi bentuk serbuk atau butir-butir halus. Bisa juga menggunakan bubuk peeling jenis operasi bentuk serbuk atau butir-butir halus Sedangkan untuk masker pilih masker mineral.

Kulit kering

Kulit tampak kusam kurang bercahaya terasa tegang dan kaku nampak garis-garis halus di sekitar dahi mata dan mulut. Ulat jenis ini tak mengandung banyak minyak dan kadar kelembaban nya rendah. Sehingga kulit peka atau sensitif. Kekeringan kulit seringkali diperburuk oleh udara temperatur yang terlalu tinggi atau terlalu rendah AC atau pendingin udara. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit mudah mengelupas.

Untuk perawatan sehari-hari gunakan cream pembersih atau emosi pembersih dengan kadar air dan minyak seimbang. Lakukan setiap pagi Sebelum mandi dan malam hari. Untuk menyegarkan kulit gunakan Mi face tonic atau MI face lotion dengan kadar alkohol rendah yang Sekaligus berfungsi sebagai penghapus sisa-sisa krim pembersih. Sedangkan pada malam hari gunakan krim yang kaya akan pelembab dan krim malam yang mengandung kolagen atau ekstrak plasenta. Facial bisa dilakukan dua minggu sekali dengan produk kosmetik yang khusus untuk kulit kering. Kosmetik yang mengandung pelembab baik untuk jenis kulit ini.

Kulit berminyak.

Tanda yang mudah dikenali pada kulit ini produksi minyak yang berlebihan sehingga kulit nampak berkilat dan amat mudah berjerawat. Sebaiknya pilih kosmetika yang bebas minya(oil free) yang dapat mengurangi produk minyak pada rias wajah. Gunakan penyegar (toner) yang tidak mengandung alkohol. Anda tak perlu berusaha mengeringkan kulit yang berminyak. Sebab bisa jadi usaha ini malahan membuat kelenjar minyak bekerja lebih keras (untuk menyeimbangkan hilangnya minyak alami dari kulit wajah) yang akan menimbulkan gangguan kulit yang bernama seborhea atau meningkatnya produksi minyak secara berlebihan.

Pada waktu membersihkan wajah hindari kosmetika yang dapat membuat kulit terasa tegang dan kekurangan cairan karena ini akan menyebabkan lapisan kulit terasa menyusut yang membuat minyak buangan akan mengalir masuk ke pori-pori. Akibatnya pori-pori akan tersumbat dan menimbulkan jerawat. Kulit berminyak ini cenderung membuat wajah awet muda dibanding dengan jenis kulit lainnya. Untuk perawatan sehari-hari menggunakan susu pembersih atau sabun pembersih khusus antara lain jenis transparan bar.

Gunakan pada pagi hari sebelum mandi dan malam hari.Kemudian bubuhkan penyegar sekaligus menghapus sisa-sisa pembersih dengan astringent lotion untuk meringkas kan pori-pori atau antiseptic solution atau acne lotion bagi yang berjerawat. tapi jika timbul jerawat setelah wajah dibersihkan dengan pembersih kompres jerawat dengan acne lotion. Hindari pemakaian cream kosmetik yang mengandung hormon atau kolagen dan kosmetika yang berminyak. Pilih penembak jenis bebas minyak (water base). Lakukan fashion sekali seminggu atau dua kali seminggu. Gunakan masker mineral yang dicairkan dengan astringent lotion. Jika jerawat sedang meradang hentikan Penggunaan bubuk peeling.

Kulit kombinasi/campuran

Gulat jenis ini memiliki sifat kulit normal cenderung kering atau normal cenderung berminyak. Jarang terjadi perbedaan yang nyata atau kontras campuran antara kering dan berminyak. Untuk perawatan kulit kombinasi sesuaikan pembersih dengan kondisi kulit. Bila kulit normal cenderung berminyak gunakan pembersih untuk kulit berminyak dan sebaliknya. Demikian pula penyegar pelembab dan kosmetika perawatan khusus yang digunakan selalu harus disesuaikan dengan jenis kulit kombinasi.

Kulit peka

Kulit jenis ini memiliki tekstur kulit halus atau tipis. Tampak serabut-serabut saluran darah halus pada pipi. Pada bagian tonjolan tonjolan tulang kulit terasa tegang. Dan kulit jenis ini pada umumnya kurang elastisitas mudah berkeriput dan mudah terkena iritasi. Kulit yang peka atau sensitif biasanya cenderung kering dan sangat mudah bereaksi atau teriritasi.

Misalnya kosmetika riasan wajah yang bisa membuat kulit kemerahan berjerawat atau gatal-gatal. Pilihlah kosmetik khusus untuk kulit jenis ini atau medicated kosmetik. Perubahan suhu serta penggunaan kosmetik dan alkohol pada kulit akan menimbulkan iritasi yang menyebabkan kulit kemerahan berjerawat atau timbul gurat-gurat pada wajah. Sebaiknya gunakan produk yang tidak menimbulkan alergi dan tabir surya yang mengandung SPF (San protecting vektor) cukup tinggi. tapi untuk perawatan sehari-hari bersihkan kulit wajah pada pagi hari sebelum mandi dan malam hari dengan menggunakan susu pembersih atau sabun lembut untuk wajah yang bebas wewangian dan zat warna.

Setelah itu bubuhkan penyegar yang Sekaligus berfungsi sebagai penghapus sisa-sisa susu pembersih gunakan Mi face tonic lotion bebas alkohol bebas zat warna dan wewangian. Pada malam hari gunakan krim malam yang juga bebas cat warna dan wewangian. Hindari eye cream atau hormon cream. Untuk pelembab bilih dengan dasar minyak yang bebas zat warna dan wewangian. Untuk dasar bedak atau foundation pilih transparan foundation bebas wangi. Facial bisa dilakukan seminggu atau dua minggu sekali dengan menggunakan peeling off Mas (masker kelupas) atau mineral. Gunakan mosturizing Mask sekali seminggu. Perawat peeling sebaiknya dihindari. Untuk kulit peka atau sensitif sebaiknya gunakan kosmetika hipoal ergenik


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenali Sifat Dan Jenis Kulit Anda"

Posting Komentar