Operasi Katarak Tidak Perlu Ditakuti

Katarak: kabut yang menghalangi penglihatan. Jika orang tua Anda diperingatkan oleh dokter mata bahwa ia menderita katarak jangan takut. Umumnya masyarakat di atas usia 60 tahun menderita katarak dan hampir Sebagian besar kasus tersebut sukses diobati dengan operasi. Mungkin Anda pernah mendengar tentang katarak. Katarak bukan selaput putih yang menutupi mata tetapi kekeruhan dari lensa mata sehingga tampak seperti kaca susu. Pandangan akan kabur dan remang-remang karena cahaya terhalang oleh lensa yang keruh tadi sehingga tidak sampai ke retina (saraf mata bagian belakang) katarak membutuhkan waktu dari beberapa bulan sampai beberapa tahun untuk matang. Terkadang katarak walau baru setengah matang pada tahap awal sudah mulai mengganggu penglihatan. Bila sampai matang dan akhirnya mature(matang & mengeras) ini akan menyebabkan kebutaan. Katarak dapat disebabkan oleh berbagai macam hal tetapi yang paling sering karena proses penuaan. Kecelakaan mata penyakit diabetes ginjal dan obat-obat tertentu dapat juga menjadi penyebab. Bahkan bayi baru lahir pun dapat terkena katarak.



Bayangan sinar pada lensa.

Lensa mata normal pada dasarnya adalah jernih tidak berwarna transparan dan letaknya tepat di belakang pupil(manik mata). Bentuknya hampir menyerupai lensa kaca pembesar. Lensa ini berfungsi untuk meneruskan cahaya sekaligus memfokuskan bayangan agar tepat jatuh di retina (saraf mata) di bagian belakang mata di bagian belakang mata. Ketika retina menerima cahaya (bayangan) ini retina akan meneruskan sinyal sinyal ke otak sehingga kita dapat memahami apa yang kita lihat. Saat katarak terjadi lensa yang berkabut atau keruh menghambat cahaya yang menuju retina sehingga otak hanya menerima bayangan yang kabur.

Operasi katarak tidak perlu ditakuti

Seperti banyak pasien mungkin anda akan terkejut dan takut saat dokter mengatakan bahwa orang tua Anda menderita katarak dan satu-satunya pengobatan hanya dengan operasi. Yang perlu Anda sadari operasi katarak dengan teknik modern adalah aman dan efektif bagi banyak pasien. Rawat inap yang lama rasa kesakitan saat operasi dan masa penyembuhan yang lama saat ini tidak lagi menjadi bagian dari proses pengangkatan katarak.

Operasi katarak: penglihatan kabur

Penyembuhan yang efektif terhadap penyakit katarak hanyalah dengan mengangkat lensa yang berkabut (katarak) dengan operasi. Diet atau obat-obatan tidak memberikan sesuatu yang berarti untuk memperlambat atau mencegah terjadinya katarak. Penglihatan katarak dengan prosedur darurat sangat jarang terjadi kecuali kasus-kasus tertentu jika katarak menyebabkan glukoma atau jika mata bengkak dan parah. Biasanya jika penglihatan sudah mengganggu aktifitas atau kehidupan orang tua Anda keluarga dapat memutuskan untuk operasi.

Apa yang terjadi selama operasi

Ada beberapa cara yang dipakai oleh dokter untuk menghilangkan katarak. Umumnya operasi katarak berlangsung sekitar satu jam terkadang kurang dari 1 jam. Teknik operasi yang biasa dipakai dokter adalah teknik ECCE(ekstrakapsular cataract Extraction). Teknik ini dibutuhkan sayatan yang lebih besar sekitar 11 MM lensa yang keruh kemudian diangkat utuh dan dikeluarkan dari dalam bola mata. Dibutuhkan lensa mata tanam untuk menggantikan lensa mata yang keruh kemudian dijahit dengan benang halus (micro sutures) biasanya sekitar 5 sampai 6 jahitan. Klinik mata tertentu telah memakai teknik operasi dengan peralatan mutakhir mesin PHACO untuk mengangkat lensa katarak. Dengan memasukkan jarum kecil ke dalam mata dan bergetar dengan kecepatan tinggi Maka katarak dapat dihancurkan untuk kemudian dihisap keluar.

Dengan demikian sayatan sangat kecil sekitar 3 sampai 5 mm dan hanya dibutuhkan 1 jahitan atau tidak sama sekali. Dengan sayatan kecil ini akan meminimalkan kelainan estimate/silinder dan cepat sembuh sehingga penglihatan kembali tajam optimal. Dokter mata akan menginformasikan teknik apa yang sesuai dengan kasus yang orang tua anda alami sebelum operasi. Sebelum operasi orang tua anda akan diberi obat untuk membantu agar rileks dan santai. Dalam kamar operasi bagian di sekitar mata Akan dibersihkan kemudian penutup steril akan ditempatkan menutupi muka dan kepala. Biasanya operasi katarak dilakukan dengan bius lokal. Tetapi pada kasus tertentu mungkin akan dipilih bius umum sehingga orang tua anda akan tertidur.

Lensa mata tanam buatan

Setelah operasi katarak akan ditanam lensa mata buatan untuk mengganti lensa mata yang telah mengalami katarak dan telah diangkat pada saat operasi. Lensa ini memberikan perbaikan penglihatan yang sangat baik. Karena lensa mata tanam ini benar-benar mendekati kesamaannya dengan lensa mata normal. Lensa mata tanam memberikan pandangan samping yang penuh persepsi penglihatan yang baik serta tidak menyebabkan perbesaran bayangan seperti pada kaca mata katarak. Satu hal lagi yang baik dari lensa mata kanan adalah setelah ditanam di dalam mata lensa ini akan bertahan seumur hidup tanpa perlu perawatan. Untuk lebih memaksimalkan penglihatan orang tua anda biasanya hanya butuh kacamata biasa saja.

Lensa ini biasanya ditanam sekalian sewaktu operasi katarak. Penglihatan pasien akan membaik dengan optimal. Penglihatan pasien akan membaik dengan optimal dokter akan menentukan lensa mata tanaman yang sesuai. Pertama mata akan diukur dengan menggunakan ultrasonografi. Kemudian dengan analisa komputer akan didapat power lensa mata tanam yang cocok untuk orang tua anda. Meski hampir semua pasien cocok dengan lensa mata tanam ini tetapi ada beberapa dari pasien yang menderita diabetes glukoma dan inflamasi mata tidak cocok dengan lensa mata tanam ini.

Anda seolah-olah merasa cepat selesai

Dengan teknik modern sebagian besar pasien tidak perlu rawat inap. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan menekan dan menggaruk mata dalam masa pasca operasi. Sebaiknya menggunakan pelindung mata pada malam hari selama beberapa minggu untuk melindungi mata dari garukan tangan secara tidak sadar pada saat tidur. Di siang hari sebaiknya menggunakan kacamata karena mata mungkin masih sensitif terhadap matahari. Dokter akan menjatuhkan kunjungan untuk kontrol pada periode ini dan akan memberi saran pengobatan dengan obat tetes mata atau lainnya. Orang tua Anda bisa menjalankan aktivitas normal selama tidak menyebabkan mata tertekan.

Hasil yang dapat Anda lihat.

Kebanyakan orang merasakan bahwa penglihatannya kembali pulih tidak lama setelah dioperasi katarak. Namun hasilnya berbeda-beda tiap pasien. Setelah pemeriksaan mata dokter akan menjelaskan hasilnya seperti yang anda harapkan.

Kesuksesan besar dalam penglihatan

Dengan berkembangnya teknik operasi jenis operasi katarak saat ini merupakan operasi yang aman. Lebih dari jutaan penduduk di dunia sudah menggunakan lensa mata tanam dengan hasil yang sangat memuaskan. Karena teknik mutakhir dan pengembangan lensa mata tanam. Orang tua Anda dapat kembali melakukan aktivitas yang sebelumnya terganggu dengan penyakit katarak. Berdasarkan usia kesehatan dan hasil operasi dokter akan memberikan saran-saran dalam menjalankan aktivitas sehari-hari yang dapat orang tua anda nikmati kembali.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Operasi Katarak Tidak Perlu Ditakuti"

Posting Komentar