Cara Mengatasi Sitemap Index Is Pending Search Console

Cara Mengatasi warning Sitemap eror Index Is Pending di google webmaster tools Search Console. Halo sobat blogger setelah sekian lama tidak aktif ngeblog karna beberapa keperluan,kini admin jagoan kode akan kembalisedikit menulis tutorial mengenai cara mengatasi, sitemap eror index is pending di webmaster tools. beberapa kesibukan membuat blog ini semakin terbengkalai membuat saya sendiri kurang jeli mengamati permasalahan ini,

namun kecurigaan kuat semakin datang ketika trafic blog menurun drastis, ada beberapa hal disini yang perlu diperhatikan karna awalnya saya hanya mengalihkan protokol HTTP menjadi HTTPS, semua indeks ranking artikel menjadi anjlok turun bahkan hanya beberapa artikel saja yang muncul di google sisanya raib aliaas hilang dari mesin pencari, padahal beberapa waktu sebelum saya memutuskan untuk beralih ke https trafik blog ini benar benar meroket tajam.

Setelah mulai habis menganalisa sampai menghabiskan 1 minggu akhirnya saya mendapatkan penyebabnya yaitu sitemap yang saya submit menggunakan protokol https statusnya pending alias belum sama sekali diindeks google. kalian juga pasti sudah tau sitemap sangatlah penting sekali untuk google menemukan situs kita, tanpa sitemap google pun kebingungan untuk merayapi blog kita. alhasil blog anda tidak akan pernah muncul lagi di google , hal ini wajar karna petunjuk peta atau arah jalan sama sekali tidak anda berikan ke robot crawl, akhirnya si crawl tersesat dan tak tau arah jalan pulang, seperti lagunya rumor butiran debu hahaha..

NAh untuk tidak memperpanjang waktu marilah kita masuk ke langkah cara mengatasi Sitemap Index Is Pending di Search Console.

Cara Mengatasi Sitemap Index Is Pending di Search Console

1. Silahkan Buka google webmaster tools anda lalu login dengan properti blog yang kamu punya.
2. Pada panel kiri dimenu search console silahkan pilih Crawl>>Sitemap.

Cara Mengatasi Sitemap Index Is Pending Search Console

3. Lihat pada bagian gambar dibawah ini, bagian sitemap.xml ini status nya pending sedangkan sitemap atom.xml saya submit hanya mengirimkan url sebanyak 500 saja, sedangkan jika artikel nya lebih dari itu anda harus mensubmit semua URL nya, untuk mengirimkan semua URL nya anda hanya perlu mengetikan sitemap.xml saja.

4. Jika anda sudah pernah mensubmit sitemap namun status indeks nya masih pending seperti diatas maka yang perlu kita lakukan adalah meresubmit ulang cara nya dengan mengklik /sitemap.xml diatas.lalu klik tombol resubmit disudut kanan atas seperti gambar dibawah ini .



5. Silahkan anda refresh search console anda, dengan begitu proses resubmit ulang sitemap berhasil dilakukan.

Catatan :
beberapa alasan sitemap yang anda submit dipending oleh google , diantaranya adalah karna terlalu banyaknya jumlah artikel yang terdapat didalam blog, serta melakukan perubahan protokol dari http ke https membuat indeks sitemap harus dimulai dari awal lagi, namun jangan takut untuk proses resubmit ulang ini biasanya tidak memakan waktu yang cukup lama :D 

Sekian penjelasan dari admin semoga informasi mengenai Cara Mengatasi Sitemap Index Is Pending dapat membantu anda :D

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Sitemap Index Is Pending Search Console"

Posting Komentar