Kebutuhan Kalsium Bagi Tubuh Kita

Manfaat fungsi kebutuhan sumber kalsium bagi/dalam untuk tubuh per hari.kegunaan kalsium bagi tubuh manusia adalah Untuk memperkuat tulang dan gigi adalah fungsi kalsium yang paling tenar. Padahal mineral ini juga sangat penting dalam metabolisme hormon dan enzim kerja jantung pergerakan otot serta penghubung antar saraf.

Setelah umur 20 tahun tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% pertahun. Setelah umur 50 tahun jumlah kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan kalsium akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan untuk seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium.Kecukupan kalsium. Sekitar 99% dari jumlah total kalsium tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi. Sedangkan sisanya sekitar 1% terdapat dalam otot darah dan cairan tubuh lainnya. Karenanya tak heran sebagai penyimpan yang utama tulang pun menjadi Bang kalsium yang menampung asupan kalsium yang kita konsumsi. Tetapi bukan berarti tabungan kalsium dalam tulang akan tetap aman tersimpan. Alamiahnya tulang manusia akan mengalami sebuah proses yang dimulai dari pembentukan terutama berlangsung pada masa kanak-kanak sampai akhirnya mengarah pada kondisi breakdownDi mana kalsium dalam tulang akan terambil untuk mencukupi kekurangan kadar kalsium di luar tulang dan gigi.


Memasuki usia tua kondisi breakdown ini menjadi lebih dominan ketimbang pembentukan terlebih lagi pada wanita pascamenopause. Oleh karenanya angka kecukupan terserapnya kalsium berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin serta juga berbeda pada keadaan yang memerlukan peningkatan asupan seperti pada wanita hamil dan menyusui.

Angka kebutuhan kalsium menurut usia dan jenis kelamin sebagai berikut lihat tabel:

Menurut tabel tersebut terlihat angka kecukupan kalsium itu berbeda-beda.
  • Pada anak batita misalnya hanya sekitar 500 mg 
  • di bawah satu tahun 400 mg 
  • usia 7 sampai 9 tahun sekitar 500 mg 
  • dewasa 500-700 MG dan
  • ibu menyusui ditambah lagi 400 mg.

Kekurangan atau kelebihan kalsium

Defisiensi atau kekurangan kalsium disebut dengan hipokalsemia. Keadaan itu dapat terjadi apabila asupan tidak sesuai dengan kebutuhan atau terjadi pengeluaran yang berlebihan. Tetapi umumnya tubuh akan berusaha mempertahankan terjadi kekurangan kalsium ini dengan memobilisasi atau mengambil kalsium dari tulang sehingga kadar kalsium dalam darah tetap normal. Kekurangan kalsium biasa terjadi akibat adanya masalah dalam tubuh seperti pada penyakit ginjal atau gagal ginjal pasca operasi pengambilan sebagian dari usus atau reseksi usus atau penggunaan obat tertentu atau furosemid.

Kekurangan kalsium yang ringan biasanya tidak memberikan gejala klinis. Hipokalsemia dapat memberi gejala berupa kejang kram otot baal(numbness) hingga penurunan kesadaran. Keadaan hipokalsemia juga dapat mempengaruhi Irama jantung yang membahayakan jiwa. Namun kondisi kekurangan kalsium ini sangat jarang terjadi kecuali kalau memang tidak ada masalah dengan ginjal. Pada orang dewasa terutama perempuan pada pascamenopause memang terjadi masalah sendiri yaitu terjadi mobilisasi yang cukup banyak.

Begitu pula dengan hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah biasanya sangat jarang terjadi tapi bila ada masalah pada fungsi ginjal dan kelainan absorbsi pada mineral atau vitamin lain atau misalnya magnesium fosfor seng besi vitamin D dapat mengakibatkan hiperkalsemia. Prinsipnya adalah bahwa pada waktu masa anak-anak terjadi pembentukan tulang jadi kalsium banyak diserap. Sedangkan pada masa tua penyerapan berkurang Justru malah banyak terjadi proses pengambilan kalsium dari tulang untuk itu ada beberapa latihan yang bisa menolong untuk memperkuat tulang di usia tua yaitu dengan jalan lari aerobik. Jadi jangan diartikan kalau udah tua pasti mudah patah tulangnya. Namun memang terjadi secara natural proses breakdown itu meningkat dibandingkan pada waktu anak-anak.

Utamakan yang alami

Dari mana kita memperoleh kalsium? Kalsium banyak terdapat pada susu dan hasil olahan seperti keju yoghurt susu dikenal sebagai sumber yang tinggi kalsium. Dalam segelas susu sudah mengandung 300 mg kalsium Sedangkan kebutuhan kalsium orang dewasa adalah 500 sampai 700 MG jadi untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya orang dewasa membutuhkan dua gelas susu sehari. Tetapi bukan berarti orang yang tidak bisa minum susu harus dipaksakan untuk minum susu demi memperoleh asupan kalsium.

Banyak sumber makanan lain yang kaya kalsium selain susu. Sebut saja ikan terutama tulang tulang ikan brokoli bayam juga ada beberapa makanan siap saji seperti Serealia yang sudah diverifikasi dengan kalsium namun bila dibandingkan dengan susu tentu untuk memenuhi angka kebutuhan kalsium jumlah yang harus dikonsumsi lebih banyak. Misalnya bayam setengah cup bayam matang hanya mengandung sekitar 120 MG kalsium jadi untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada wanita golongan usia 20 sampai 45 tahun dibutuhkan sekitar 2,5 3 cap matang.

Lantas bagaimana lantas Bagaimana dengan suplemen kalsium yang sekarang banyak tersedia di pasaran. Sebenarnya alangkah lebih baik jika kita mengkonsumsi yang natural. Suplemen hanyalah tambahan yang utama tetap harus dari makanan. Kalau sudah cukup dari makanan kita nggak perlu suplemen. Suplemen memang jadi kebutuhan kalau memang kita mengalami keadaan dimana kita membutuhkan kalsium lebih banyak. Misalnya wanita hamil dan menyusui karena kebutuhan kalsium mereka 2 kali lebih besar dari orang dewasa lainnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kebutuhan Kalsium Bagi Tubuh Kita"

Posting Komentar