Cara Mengganti Kartu SIM TELKOMSEL Yang Hilang Atau Rusak

Cara Mengganti Kartu SIM TELKOMSEL Yang Hilang Atau Rusak. Halo sobat blogger seperti biasanya admin akan membagikan sedikit informasi. bagi pengguna TELKOMSEL khususnya ada beberapa ulasan yang perlu sekali untuk anda ketahui. bilamana terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti kartu simcard anda mengalami kerusakan dan hilang. kita bisa lo membuat kartu sim dengan nomor kita yang sama sebelumya. namun tentunya hal ini harus memenuhi beberapa persyaratan dan kriteria yang telah ditentukan oleh pihak TELKOMSEL.

Untuk mengurus kartu telkomsel yang hilang ini sebaiknya perlu dilakukan beberapa persiapan dokumen, dibawah akan saya jelaskan apa apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk mencetak kartu dengan nomor kita yang lama kembali. Terkadang ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi simcard kita rusak, terlebih bagi user atau pengguna setia kartu telkomsel yang sudah meggunakannya lebih dari kurun waktu diatas 5 tahun chip atau sampul kartu bisa mengalami perubahan bentuk yang pada akhirnya bisa menimbulkan kerusakan.

Untuk itulah pihak telkomsel sendiri menyediakan fasilitas untuk mengganti kartu/simcard. lalu bagaimanakah cara melaporkan kartu simcard telkomsel kita yang hilang atau rusak  ini?? caranya sangat mudah sekali yaitu kita dapat langsung mendatangi kantor grapari terdekat didaerah anda masing masing, karna semua grapari tersebut menyediakan fasilitas pergantian kartu.bikin kartu perdana baru dengan nomor yang sama ini sangatlah mudah sekali , diperlukan biaya pembuatan kartunya yang rata rata berkisar hanya 15 ribu rupiah saja. namun untuk tarif biaya pergantian kartu ini saya tidak mengetahui pasti , karna bisa saja setiap grapari daerah berbeda beda.

Ada dua cara mengurus dan mengganti Kartu SIM TELKOMSEL Yang Hilang Atau Rusak.
  1. Dengan Pergi kegrapari dan biarkan petugas operator yang mengurusnya
  2. Dengan Cara MEngganti sendiri dengan mesin MY GRAPARI

Persyaratan Pengurusan Kartu SIM TELKOMSEL Yang Hilang atau Rusak

  • Kartu SIMCARD Telkomsel yang rusak (Jika hilang tidak diperlukan)
  • Siapkan E-KTP/KTP atau bisa juga SIM
  • Siapkan Kartu Keluarga(KK)
  • Biaya Pergantian Chip kartu kisaran Rp 15.000 hingga Rp 50.000 
  • Minimal mengingat 5 Daftar nomor yang terakhir sering dihubungi

Setelah memahami metode cara dan persyaratan serta tarif dan biaya sekarang mari kita simak langkah lengkapnya berikut ini.

Mengganti Kartu SIM TELKOMSEL Yang Hilang Atau Rusak

Sebelum saya menerangkan lebih jauh tentang caranya ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu mengenai mengganti kartu dengan simcard yang baru ini .
  • Semua persayaratan pergantian kartu dilakukan sesuai prosedur (Tidak bisa ditambah ataupun dikurang)
  • Jumlah pulsa yang terdapat sebelumnya pada kartu akan tetap ada (Tidak Hilang)
  • Nomor Kontak yang tertera dan tersimpan pada kartu akan hilang semua
  • Jenis dan menu kartu akan disesuaikan pada update terbaru fitur telkomsel
  • Tidak berlaku pada kartu yang sudah memasuki masa tenggang/habis masa aktif
Oke jika sudah memahami statemen dan pernyataan diatas, mari kita mulai stepnya

1. Dengan Pergi kegrapari dan biarkan petugas operator yang mengurusnya


Dengan cara ini tentunya bagi yang benar benar tidak mengetahui cara kerjanya sangat disarankan sekali biarkan petugas operator grapari yang mengurusnya.

a. Ambilah nomor antrian terlebih dahulu.
b. Tunggulah antrian sampai nomor anda dipanggil oleh petugas
c. Jika sudah Sampaikan keluhan anda mengenai simcard yang hilang ataupun rusak.
Catatan : 
Jika kartu simcard rusak bawalah kartu tersebut dan berikan kepada petugas,
Jika kartu anda hilang beberapa pertanyaan ini yang mungkin akan dilontarkan petugas, dan anda wajib menjawabnya
1. atas nama siapa kartu itu didaftarkan ?
2. Sudah berapa lama kartu itu dipakai ?
3. Tanggal berapa terakhir kali mengisi pulsa dan dengan nominal berapa ?
4. Sebutkan lima nomor yang terakhir dihubungi dan yang sering dihubungi
d. berikan semua persyaratan yang dibutuhkan jika diminta oleh petugas.
e. silahkan tunggu sampai chip kartu selesai dicetak
f. jika sudah selesai silahkan bayar administrasi kartu.

Nah diatas merupakan cara mudah jika anda tidak ingin repot memahami cara kerja dari mesin MyGRAPARI telkomsel. namun kelemahannya adalah jika antrian di grapari tersebut sangat panjang anda diharuskan mengantri sampai giliran anda dipanggil.

2. Dengan Cara Mengganti sendiri dengan mesin MY GRAPARI

Nah untuk mengatasi supaya anda tidak lagi mengikuti antrian yang panjang anda cukup meregistrasi kartu hilang dengan mesin MyGRAPARI Telkomsel. untuk mengecek mesin ini tersedia didaerah anda silahkan cek DISINI MYGRAPARI TELKOMSEL. Anda hanya perlu memasukan nama daerah dikolom pencarian , lalu ketuk tanda search.

Sedangkan bagi anda yang ingin mengetahui apa saja fitur yang terdapat didalam mesin MyGRAPARI tersebut silahkan akses di link ini MyGraPARI services.

Untuk cara mengganti di mesin grapari ini caranya sebagai berikut

a. Silahkan datang ke outlet terdekat dimana mesin MyGrapari Tersedia.
b. Silahkan datangi customer service sampaikan bahwa anda ingin mengganti kartu yang rusak/hilang.
c. biasaya anda akan ditanya terlebih dahulu, sudah berapa hari kartu tersebut hilang. jika sebelum 3 hari maka customer service sendiri yang akan mengarahkan anda menggunakan mesin MyGRPARI tersebut.
d. Jika kartu tersebut hilang lebih dari 3 hari maka cara Mengganti kartu dengan mesin MyGrapari ini tidak bisa dilakukan.

Demikianlah sedikit informasi ini demoga dapat membantu anda :D sekian dan terima kasih :D

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Mengganti Kartu SIM TELKOMSEL Yang Hilang Atau Rusak"

  1. Kartu saya hilang dan saat ingin menggantinya saya tidak bisa karna di registrasi tersebut kartu itu bukan milik saya dan saya bingung karna waktu saya registrasi hanya asal asalan saja
    Mohon dibantu untuk selanjutnya saya membutuhkan nomor itu karna ada banyak nomor penting di dalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu kartunya hilang, apakah hpnya juga hilang ?, kalau hpnya juga hilang masih bisa dilacak lokasinya mas.. siapa yang nemukan ponsel tadi, tapi kalau udah kartu yang hilang dan nyimpen banyak nomor di kartu trsbut plus sistem registrasi dulu yang masih bisa dikatakan asal-asalan itu nggak bisa lagi mas.. makanya sistem regist sekarang menggunakan nomor kk dan ktp.., nah setau saya kalau backup nomor bisa dari email yang pernah terkait dengan nomornya, dalam artian mas sebelumnya udh pernah ngaitkan akun google ke dalam hpnya tadi buat nyimpen nomor orang banyak, tapi kalau gapernah ngaitkan akun google/gmailnya maka ga ada jalan lain mas :(
      Atau Jika Ingin Ditanyakan Kepada Telkomsel, Saya Bisa Membantu Dengan Masalah Mas Ke Form Kontak Admin JagoanKode.. Trims..
      Semoga Membantu :)

      Hapus